Penelitian media Round Wheels dalam meningkatkan minat belajar baca Al-Qur'an siswa : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung

Rumaisha, Azkia (2023) Penelitian media Round Wheels dalam meningkatkan minat belajar baca Al-Qur'an siswa : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung yaitu mengenai rendahnya minat belajar sebagian siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an. Hal ini dapat terjadi karena proses pembelajaran dilaksanakan hanya menggunakan media konvensional yaitu buku pegangan. Sehingga salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Al—Qur’an adalah dengan menerapkan media pembelajaran round wheels. Penilitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran round wheels pada pembelajaran baca Al-Qur’an di kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung; (2) untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung dalam pembelajaran baca Al-Qur’an setelah penggunaan media round wheels. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa penggunaan berbagai macam media pembelajaran oleh guru dapat mempengaruhi minat belajar Al-Qur’an siswa. Salah satunya adalah dengan media pembelajaran round wheels. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh signifikan antara penerapan media pembelajaran round wheels terhadap minat belajar Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun uji hipotesis padapenelitian ini menggunakan perhitungan uji independent sample t-Test dengan jumlah sampel sebanyak 59 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) proses penerapan media pembelajaran round wheels pada mata pelajaran Al-Qur’an di kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor selama dua kali pertemuan yaitu 78,75% yang termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media pembelajaran round wheels di kelas eksperimen terhadap minat belajar siswa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-Test yang menunjukan bahwa Sig. (-2tailed) adalah 0,00 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Round Wheels; Minat Belajar; Baca Al-Qur'an; PAI
Subjects: Education, Research
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azkia Rumaisha
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:06
Last Modified: 04 Dec 2023 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82882

Actions (login required)

View Item View Item