Otoritas keagamaan di media sosial: Studi pada akun Twitter Akmal Sjafril

Firdaus, Muhammad Riyyan (2023) Otoritas keagamaan di media sosial: Studi pada akun Twitter Akmal Sjafril. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sedang kita hadapi saat ini. Salah satu teknologi komunikasi dan informasi yang banyak digunakan yaitu media sosial. Media sosial kini menjadi tempat untuk berkomunikasi jarak jauh dan bertukar informasi, tanpa terkecuali penyampaian pesan-pesan keagamaan pada platform ini. Akun Twitter Akmal Sajfril yang merupakan salah satu pengguna platform media sosial Twitter, turut hadir berpartisipasi dalam proses penyampaian pesan-pesan keagamaan. Hal tersebut memiliki kaitan yang erat terhadap otoritas keagamaan yang dilakukan pada ruang digital. Berdasarkan hal tersebut juga, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana Akmal Sjafril membangun otoritas keagamaan pada platform media sosial Twitter. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Selain itu penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi virtual yang dapat mengidentifikasi pola-pola perilaku dan relasi sosial yang terjadi dalam ruang digital. Sumber data yang diperoleh berasal dari observasi virtual pada akun Twitter milik Akmal Sjafril dan hasil wawancara. Teknik atau cara yang dapat dilakukan dalam pengumpulan data menggunakan penelusuran dokumentasi yang berupa teks, gambar, dan dokumen lainnya yang mendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Akmal Sjafril memiliki otoritas keagamaan yang dikembangkan pada platform Twitter. Dari otoritas keagamaan ini, Akmal Sjafril turut memberi pengaruh dan dampak kepada para pengikutnya dalam lingkup akun Twitter miliknya dengan memanfaatkan fitur-fitur interaktif di dalamnya. Secara keseluruhan, terdapat relevansi antara teori otoritas keagamaan di dunia digital oleh Heidi Campbell dengan otoritas keagamaan Akmal Sjafril di media sosial. Di mana Akmal Sjafril membangun suatu kelompok berjejaring yang di dalamnya terdapat nilai-nilai beragama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akmal Sjafril; Otoritas Keagamaan; Twitter
Subjects: Use of Other Information Media
Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Muhammad Riyyan Firdaus
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:49
Last Modified: 05 Dec 2023 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82894

Actions (login required)

View Item View Item