Keterampilan berpikir sistem siswa dalam pembelajaran berbasis pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics)

Faza, Nasya Millatul and Agustina, Tri Wahyu and Listiawati, Milla (2023) Keterampilan berpikir sistem siswa dalam pembelajaran berbasis pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics). In: Counselor Inspiring & Career Expo 2023, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Prosiding Faza, Agustina, Listiawati.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir sistem merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dapat membantu siswa mengatur pikiran mereka dengan cara yang bermakna dan membuat hubungan antara masalah yang tampaknya tidak terkait menjadi saling berkaitan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besaran pengaruh pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir sistem siswa, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi-eskperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X MIPA 1 dan 35 siswa kelas X MIPA 4 di salah satu SMA di Tasikmalaya. Sampel penelitian menggunakan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian memperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan nilai posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dapat dilihat dari hasil uji cohen effect size diperoleh hasil 1,13 menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan STEM memberikan pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan berpikir sistem siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Biofilter; KBS; Siswa dan STEM
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Tri Wahyu Agustina
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:13
Last Modified: 05 Dec 2023 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82901

Actions (login required)

View Item View Item