Pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap peningkatan motivasi dan kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih: Penelitian di Kelas XI MA Miftahul Falah Kota Bandung

Mafruhah, Ane Zunnatul (2023) Pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap peningkatan motivasi dan kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih: Penelitian di Kelas XI MA Miftahul Falah Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Indikator keberhasilan suatu pembelajaran diantaranya apabila mampu meningkatkan motivasi dan kreativitas belajar peserta didik. Tujuan pembelajaran akan mudah tercapai jika peserta didik memiliki motivasi dan kreativitas belajar yang tinggi. Salah satu strateginya yaitu melalui penerapan model pembelajaran transformatif. Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa model pembelajaran transformatif dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa, namun penelitian mengenai motivasi dan kreativitas belajar peserta didik masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Falah pada mata pelajaran Fikih, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Falah pada mata pelajaran Fikih dan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan kreativitas belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Falah pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sumber data primernya yaitu siswa kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran transformatif dan XI IPS sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Pengumpulan data yang digunakan melalui angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil uji paired sample T-test pada variabel motivasi dan kreativitas belajar peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil uji independent sample T-test variabel motivasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dan pada variabel kreativitas diperoleh nilai sig. 0,010. Skor rata-rata pre test motivasi belajar di kelas eksperimen sebesar 72,82 dan skor post test meningkat 15,6 % menjadi 84,14. Selanjutnya skor rata-rata kreativitas belajar peserta didik semula 72,82 meningkat 19,54 % menjadi 87,05. Sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata motivasi belajar sebesar 72,05 hanya mengalami kenaikan 6,4 % menjadi 76,68 dan skor rata-rata kreativitas belajar sebesar 72,42 meningkat 11,69 % menjadi 80,89. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Model pembelajaran transformatif berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Falah pada mata pelajaran Fikih; 2) Model pembelajaran transformatif berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Falah pada mata pelajaran Fikih; 3) Model pembelajaran transformatif berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan kreativitas belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Falah pada mata pelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran transformatif; motivasi; kreativitas belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ane Zunnatul M
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:17
Last Modified: 08 Dec 2023 08:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83011

Actions (login required)

View Item View Item