Pengaruh metode Peer Tutoring terhadap hasil belajar PAI : Penelitian quasy experiment pada siswa kelas X SMA uhammadaiyah 4 Kota Bandung

Noufal, Moch Farid (2023) Pengaruh metode Peer Tutoring terhadap hasil belajar PAI : Penelitian quasy experiment pada siswa kelas X SMA uhammadaiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (DAFTRA ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Di sekolah SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung telah dilakukan dua upaya untuk menciptakan pembelajaran PAI secara maksimal, diantaranya metode presentasi dimana guru telah melakukan pembelajaran sesuai dengan silabus dan memberikan bahan ajar kepada siswa dan tadabbur alam guru melakukan kunjungan ke panti asuhan untuk menumbuhkan rasa syukur. Sesuai dengan kenyataannya penerapan kedua metode tersebut menjadikan sekolah SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung menjadi sekolah favorit dan hasil belajar siswa menjadi baik. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memperkaya penggunaan metode di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung dengan melakukan quasy experiment antara metode peer tutoring dengan metode presentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode peer tutoring di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. 2) Hasil Belajar PAI setelah diterapkan metode peer tutoring di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. 3) Pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil belajar PAI di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada sebuah teori bahwa hasil belajar PAI siswa dapat dipengaruhi beberapa faktor terutama pada metode pembelajaran, antara lain yaitu metode peer tutoring. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap diterapkannya metode peer tutoring pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 194 siswa dari 6 kelas. Adapun sampel penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Sumber data penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode peer tutoring pada mata pelajaran PAI terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor observasi pelaksanaan pembelajaran yaitu sebesar 87.05. 2) Hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung setelah diterapkan metode peer tutoring pada kelas eksperimen berada pada kategori baik sekali dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 87.05. 3) Hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung setelah diterapkan metode peer tutoring berada pada kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0.39. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen berdasarkan uji hipotesis yang menunjukan bahwa nilai signifikansi 0.001 < 0.05 yang berarti signifikan dan hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode Peer Tutoring; hasil belajar siswa; pembelajaran PAI
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Farid Noufal
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:19
Last Modified: 11 Dec 2023 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83027

Actions (login required)

View Item View Item