Ernawati, Eris (2023) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write berbantu Liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover,.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak,.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1,.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2,.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3,.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4,.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5,.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
"Penelitian ini adalah berdasarkan observasi hasil belajar peserta didik di kelas VIII pada mata pelajaran IPA khususnya materi sistem ekskresi setiap tahunnya beragam, namun hasilnya bisa mencapai 50% berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, untuk menganalisis hasil belajar, untuk mendeskripsikan respon, dan untuk menganalisis pengaruh dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantu liveworksheets. Metode penelitian yang dipakai yakni Quasi eksperimen dengan bentuk Noneequivalent Control Group Design, sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dari peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Paseh. Hasil rata-rata keterlaksanaan kinerja guru 96,7% dan aktivitas peserta didik 96,7%, skor N-Gain pretest kedua kelas berada pada kategori sedang, respon peserta didik pada kelas eksperimen kategori kuat, analisis data posttest menggunakan Mann-Whitney adalah 0,017 < 0,05 yang menunjukkan hasil pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantu liveworksheets pada materi sistem ekskresi yaitu sebesar 0,90 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, respon dengan kategori kuat, dan terdapat pengaruh positif serta signifikan tehadap hasil belajar didik dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantu liveworksheets pada materi sistem ekskresi"
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write; Liveworksheets; Hasil Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Secondary Education > Lower Level Secondary School Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ainun Azizah |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 01:26 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 01:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83115 |
Actions (login required)
View Item |