Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earnings Per Share (EPS), dan Price Earnings Ratio (PER) terhadap harga saham sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021

Fawwaz, Naufal Muhammad (2023) Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earnings Per Share (EPS), dan Price Earnings Ratio (PER) terhadap harga saham sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Harga saham dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di pasar. Kinerja perusahaan yang baik cenderung meningkatkan harga saham. Teori menyatakan kenaikan NPM, EPS, dan PER seharusnya meningkatkan harga saham, namun data perusahaan sektor kesehatan menunjukkan inkonsistensi dengan teori. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earnings Per Share (EPS), dan Price Earnings Ratio (PER) secara parsial dan simultan terhadap harga saham sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dari sumber sekunder. Sampel terdiri dari 11 perusahaan sektor kesehatan yang dipilih dari populasi 20 perusahaan periode 2017-2021 melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data melibatkan analisis statistik deskriptif, regresi data panel menggunakan Fixed Effect Model (FEM), uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Proses analisis data menggunakan perangkat lunak Eviews 12. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi α = 0,05 (5%), menunjukkan bahwa secara parsial Net Profit Margin (NPM) dan Price Earnings Ratio (PER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, namun Earnings Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan, Net Profit Margin (NPM), Earnings Per Share (EPS) dan Price Earnings Ratio (PER) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R-squared (R2) sebesar 0,914526, artinya kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 91,5% sedangkan sisanya 8,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Earnings Per Share (EPS); Price Earnings Ratio (PER); Harga Saham
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance > Investment
Business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Naufal Muhammad Fawwaz
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:07
Last Modified: 14 Dec 2023 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83227

Actions (login required)

View Item View Item