Manajemen strategi Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut dalam meningkatkan kualitas Santri di era globalisasi 4.0

Gozin, Muldi Ahmad (2023) Manajemen strategi Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut dalam meningkatkan kualitas Santri di era globalisasi 4.0. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Pondok Pesantren memiliki sejarah panjang dalam pendidikan di Indonesia, dikenal dengan sistem tradisionalnya yang kuat. Namun, kemajuan zaman dan era globalisasi menuntut Pesantren untuk beradaptasi dan berkembang, termasuk dalam peningkatan kualitas santri. Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut, yang berdiri dibawah Yayasan Roudhotul ulum adalah contoh sukses dari adaptasi dan kemajuan ini. Lembaga ini telah mampu memanfaatkan infrastrukturnya secara efektif dan menerapkan strategi manajemen yang baik untuk meningkatkan kualitas santri di era globalisasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggali dan memahami tiga tahapan utama dalam strategi manajemen, yaitu formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi manajemen yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut dalam meningkatkan kualitas santri di era globalisasi. Kerangka konseptual yang dibuat peneliti agar tetap fokus untuk menemukan jawaban dari permasalahan penelitian. Peneliti akan menganalisis menggunakan teorin David (2015) yaitu formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Teori yang digunakan disini mengambil Teori David. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang jelas dan lengkap. Dengan proses pengumpulan data hasil proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan Pertama Formulasi Strategi Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut telah berhasil merumuskan strategi manajemen yang jelas dan efektif. Dibuktikan dengan adanya visi, misi, dan analisis lingkungan yang baik yang kemudian diterapkan dalam strategi organisasi. Kedua, Implementasi Strategi Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut menerapkan strategi mereka melalui berbagai program unggulan, seperti program bahasa dan komputerisasi. Selain itu, mereka juga menggunakan kurikulum gabungan dan metode pengajaran yang inovatif dan efektif. Ketiga, evaluasi Strategi Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Cisewu Kabupaten Garut melakukan evaluasi strategi mereka melalui dua cara, pertama evaluasi program yang mana ada evaluasi harian, evaluasi minguan, evaluasi bulanan serta evaluasi tahunan. Kedua evaluasi hasil capaian program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Kualitas Santri; Pondok Pesantren; Globalisasi
Subjects: Islam
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Gozin Muldi Ahmad
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:46
Last Modified: 29 Dec 2023 04:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83263

Actions (login required)

View Item View Item