Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada materi Sistem Koloid untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa

Badruddin, Muhammad Kaesa (2023) Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada materi Sistem Koloid untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh media dan model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang menarik dan terpusat pada siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis peningkatan keterampilan generik sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperiment, dengan desain penelitian one-group pretest-posttest dengan siswa di MA An-Nur Malangbong sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dengan tahap inkuiri terbimbing adalah 90 menunjukan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata aspek keterampilan generik sains yaitu 87,94 menunjukan adanya peningkatan. Dengan demikian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuri terbimbing; lembar kerja siswa; sistem koloid; keterampilan generik sains.
Subjects: Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad K Kaesa Echa
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:13
Last Modified: 19 Dec 2023 01:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83323

Actions (login required)

View Item View Item