Tamimi, Dini Mahani Mah (2023) Hubungan antara manajemen kelas dan hasil belajar siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen kelas atau pengelolaan kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Usaha tersebut mengarah pada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana prasarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi dan kondisi pada proses pembelajaran serta pengaturan waktu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tujuan pembelajaran dapat terwujud. Masalah yang muncul dari penelitian sebelumnya dengan penelitian yang sedang diakukan bahwa siswa menganggap IPA adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan karena harus menghafal rumus-rumus, serta rendahnya aktivitas didalam kelas selama pembelajaran berlangsung yang mengakibatkan hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan manajemen kelas dan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian, dan kuisioner dengan sampel sebanyak 59 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrumen penelitian, analisis parsial, uji normalitas, uji linieritas, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi (kontribusi). Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukan bahwa yang dicapai dalam Manajemen kelas dan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara manajemen kelas dan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Hasil uji koefisien determinasi manajemen kelas (X) dan hasil belajar siswa(Y) diperoleh nilai (R Square) sebesar 0,546 Berdasarkan interpretasi koefisien korelasi maka nilai r2 = 0,546 berada pada hubungan sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas dan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut mempunyai hubungan yang sedang. Hasil analisa data juga menunjukan bahwa manajemen pembiayaan memiliki hubungan 0,546% dengan manajemen kelas, sedangkan 0,45% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat diartikan bahwa penelitian ini, terdapat korelasi atau hubungan antara manajemen kelas dan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen kelas dan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Education Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | dini mahani mah tamimi |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 00:26 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 00:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83354 |
Actions (login required)
View Item |