Pengelolaan media sosial Instagram @Persib sebagai bentuk implementasi kegiatan Cyber Public Relation : Studi deskriptif kualitatif pada Akun Instagram @Persib

Fadillah, Aldi (2023) Pengelolaan media sosial Instagram @Persib sebagai bentuk implementasi kegiatan Cyber Public Relation : Studi deskriptif kualitatif pada Akun Instagram @Persib. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Platform media sosial Instagram telah menjadi alat yang dimanfaatkan oleh Tim Media Persib Bandung untuk menyebarkan informasi. Seiring berjalannya waktu, akun Instagram @Persib secara bertahap mulai mempromosikan beragam kegiatan dengan merancang konten yang menarik dan informatif, dengan tujuan membangun kepercayaan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Persib Bandung mengelola akun Instagram @Persib dalam kegiatan Cyber Public Relations, dengan mengacu pada konsep The Circular Model of SoMe yang diajukan oleh Regina Luttrell. Model ini terdiri dari empat tahapan utama, yaitu berbagi (sharing), mengoptimalkan (optimizing), mengelola (managing), dan melibatkan (engaging).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, dengan menerapkan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Pendekatan ini dipilih untuk merinci bagaimana akun Instagram @Persib dikelola dalam konteks situasi yang sedang berlangsung.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim Media Persib Bandung melaksanakan pengelolaan akun Instagram dalam beberapa tahapan yang terdefinisi. (1) Share pada Instagram @Persib terdiri dari tiga aspek yang berbeda, yaitu penggunaan instagram sebagai media implementasi kegiatan cyber public relations, menentukan waktu upload konten instagram berdasarkan pada riset dan analisis, mengelola kualitas konten yang memiliki brand identity persib bandung, (2) Optimize mengklasifikasikan dalam dua langkah yaitu, analisis isu dan peningkatan konten dan melakukan komunikasi langsung dan bekerja sama dengan client sebagai proses pengoptimalan akun Instagram @Persib. (3) Tahap Manage Tim Media Persib Bandung melakukan dalam dua langkah yaitu media monitoring dalam pengelolaan instagram, menanggapi respon public yang bersifat penting dengan cepat. (4) engage merupakan tahap melibatkan public dan influencer dalam pengelolaan Instagram. Pada tahap engage ini, Tim Media Persib Bandung mengklasifikasikan dalam dua langkah yaitu, memanfaatkan berbagai fitur instagram dalam meningkatkan engagement, melakukan kolaborasi bersama sponsorship untuk meningkatkan engagement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: : Instagram; Cyber Public Relations; Persib Bandung; Media Sosial.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Aldi Fadhillah
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:43
Last Modified: 12 Jan 2024 05:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83433

Actions (login required)

View Item View Item