Implementasi program harian Wird Al-Lathief dalam pembentukan sikap spiritual dan sosial siswa : Penelitian di MA Darul Ulum Padalarang

Rahman Saleh, Aris (2023) Implementasi program harian Wird Al-Lathief dalam pembentukan sikap spiritual dan sosial siswa : Penelitian di MA Darul Ulum Padalarang. Masters thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan : Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover Tesis Aris Rahman Saleh.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak Tesis Aris Rahman Saleh.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi Tesis Aris Rahman Saleh.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. Bab 1 Tesis Aris Rahman Saleh.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. Bab 2 Tesis Aris Rahman Saleh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. Bab 3 Tesis Aris Rahman Saleh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. Bab 4 Tesis Aris Rahman Saleh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. Bab 5 Tesis Aris Rahman Saleh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka Tesis Aris Rahman Saleh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Program harian wirid al-lathief, yang mencakup doa dan dzikir, memiliki peran penting dalam membentuk sikap spiritual dan sosial siswa. Sikap ini merupakan indikator utama dalam menentukan keberhasilan pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Namun, saat ini, banyak siswa mengalami penurunan sikap sosial dan spiritual yang dapat memengaruhi hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penting untuk menginvestigasi implementasi program wirid al-lathief dalam membentuk sikap spiritual dan sosial siswa, dengan studi kasus di MA Darul Ulum Padalarang. Penelitian ini akan memeriksa efektivitas program, faktor pendukung, dan hambatan dalam pencapaian tujuan pembentukan karakter siswa melalui program ini. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Mengidentifikasi perencanaan, 2) Mengidentifikasi implementasi, 3) Mengidentifikasi hasil, 4) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat program harian wirid al-lathief dalam membentuk sikap spiritual dan sosial siswa MA Darul Ulum Padalarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods research atau campuran. Metode yang digunakan adalah metode Rancangan Pararel Konvergen (Parallel Convergent Design). Pengumpulan dan analisis data paralel, kami menganalisis data kualitatif dan kuantitatif, kemudian mengintegrasikannya untuk membandingkan temuan. Hasil integrasi data ini memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan implikasi yang kuat terkait dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Wirid Al-Lathief di MA Darul Ulum Padalarang menunjukkan hasil positif secara kuantitatif dengan peningkatan nilai sikap spiritual siswa dalam angket dengan hasil rata-rata 82,55. Sedangkan dari nilai sikap sosial diperoleh rata-rata 77, hal ini menunjukkan bahwa sikap sosial siswa cukup baik. Faktor pendukung seperti kepemimpinan sekolah, program yang konsisten, serta dukungan guru agama dan keluarga berperan krusial. Namun, masih ada kendala pada dukungan kepemimpinan sekolah dan motivasi siswa. Secara kualitatif, program ini memperdalam pemahaman agama, meningkatkan kualitas ibadah, dan membentuk sikap sosial di antara siswa. di MA Darul Ulum Padalarang. Program wirid harian Al-Lathief di MA Darul Ulum Padalarang membentuk sikap spiritual dan sosial siswa melalui identifikasi sumber daya, penjadwalan, pelibatan siswa, dan dukungan keluarga. Meskipun positif dalam memperkuat aspek spiritual dan sosial siswa, program ini menghadapi kendala pada dukungan kepemimpinan sekolah dan motivasi siswa yang perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program harian; sikap spiritual; sikap sosial
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Rahman Saleh
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:20
Last Modified: 22 Dec 2023 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83460

Actions (login required)

View Item View Item