Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2012-2021

Rohmansyah, Dicky (2023) Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I FIX.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Pasar modal merupakan suat wadah yang digunakan untuk mempertemukan investor yang mempunyai dana lebih dengan emiten yang kekurangan modal. Dengan adanya pasar modal, investor dapat melakukan investasi ke berbagai intrumen yang terbuka untuk investasi, salah satunya adalah saham. Saham merupakan surat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan yang melakukan penawaran umum (go public) dalam nominal atau persentase tertentu. Tinggi rendahnya harga saham di pasar modal akan tercermin pada kinerja keuangan perusahaan. Harga saham sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Assets (ROA). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa seberapa besar pengaruh Operating Profit Margin (OPM) terhadap Harga Saham pada PT Unilever Indonesia Tbk. secara parsial, (2) menganalisa seberapa besar pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham pada PT Unilever Indonesia Tbk. secara parsial, (3) menganalisa seberapa besar pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham pada PT Unilever Indonesia secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2012 – 2021. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Operating Profit Margin (OPM) terhadap Harga Saham adalah 0,156 atau sebesar 15,6% dan pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham adalah 0,005 atau 0,5%. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Assets (ROA) 0,248 atau 24,8% berpengaruh terhadap Harga Saham, sedangkan sisanya sebesar 75,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover (ITO); Fixed Asset Turnover (FATO); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: DICKY ROHMANSYAH
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:25
Last Modified: 27 Dec 2023 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83557

Actions (login required)

View Item View Item