Manajemen Sumber Daya Manusia dalam mencapai visi lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Azami Cianjur

Nuraidah, Ai Yulia (2023) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam mencapai visi lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Azami Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Manajemen sumber daya manusia dalam mencapai visi lembaga di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Azami Cianjur tahun ajaran 2022/2023, 2) Analisa faktor yang mendukung dan menghambat manajemen sumber daya manusia dalam mencapai visi lembaga di Pondok Pesantren Tahfidz Al-azami Cianjur tahun ajaran 2022/2023, 3) Hasil manajemen sumber daya manusia dalam mencapai visi lembaga di Pondok Pesantren Tahfidz Al-azami Cianjur tahun ajaran 2022/2023 Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen sumber daya manusia dalam mencapai visi lembaga di Pondok Pesantren Tahfidz Al-azami Cianjur tahun ajaran 2022/2023 dilakukan melalui tahapan perencanaan, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, evaluasi, dan pengawasan. 2) faktor yang mendukung dan menghambat implementasi manajemen sumber daya manusia dalam mencapai visi lembaga di Pondok Pesantren Tahfidz Al-azami Cianjur adalah kurangnya koordinasi manajemen perencanaan, kurangnya SDM yang memenuhi kualifikasi yang diinginkan lembaga dalam rekruitmen, terbatasnya waktu manajemen pelatihan pengembangan SDM, belum ada waktu yang difokuskan untuk pelaksanaan evaluasi, serta belum adanya agenda dan tindak lanjut yang berkesinambungan dalam manajemen pengawasan, hal ini dikarenakan belum adanya tim pengawas dari sekolah secara berkala. 3) Hasil analisis dalam mengatasi hambatan dalam implementasi manajemen sumber daya manusia dalam mencapai visi lembaga di Pondok Pesantren Tahfidz Al-azami Cianjur tahun ajaran 2022/2023 adalah dengan dengan meningkatkan koordinasi antara Direktur, kepala sekolah dan pihak yang berwenang, dalam hal manajemen perencanan, penempatan, pengembangan SDM dan melakukan sinkronisasi jadwal dalam manajemen evaluasi dan pengawasan terhadap kinerja SDM.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; sumber daya manusia; visi lembaga
Subjects: Animal Husbandry > Organization and Management Animal Husbandry
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ai Yulia Nuraidah
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:58
Last Modified: 27 Dec 2023 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83595

Actions (login required)

View Item View Item