Aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring hubungannya dengan karakter disiplin di sekolah : Penelitian di Madrasah Aliyah Mambaul'ulum Cianjur

Rahayu, Agustiani Sri (2023) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring hubungannya dengan karakter disiplin di sekolah : Penelitian di Madrasah Aliyah Mambaul'ulum Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_COVER.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Mambaul’ulum Cianjur, adapun yang menjadi faktor penyebabnya yakni kurangnya kesadaran akan rasa tanggung jawab para siswa dalam mentaati tata tertib di sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa maraknya siswa yang melanggar tata tertib sekolah terlebih pada ketidak tepatan waktu datang ke sekolah, dan tingkah laku/perbuatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring; (2) Realitas karakter disiplin; (3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring dengan karakter disiplin di sekolah Madrasah Aliyah Mambaul’ulum Cianjur. Penelitian ini didasarkan pada sebuah teori yang menyatakan bahwa aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring memiliki hubungan dengan karakter disiplin, karena aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring merupakan salah satu dorongan yang dapat menunjang tumbuhnya rasa tanggung jawab siswa untuk meningkatkan karakter disiplin mereka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Yang mana metode ini digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan hubungan antara kedua variable tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (a) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan mentoring. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata jawaban angket mencapai nilai 32,1 yang artinya termasuk ke dalam kategori “cukup” karena berada pada interval 2,60-3,39. (b) Realitas karakter disiplin termasuk ke dalam kategori “tinggi”. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata jawaban angket mencapai nilai 3,93 karena termasuk ke dalam interval 3,40-4,19. (c) Realitas hubungan antara aktivitas siswa dengan karakter disiplin di sekolah Madrasah Aliyah Mambaul’ulum Cianjur yaitu (1) koefisien korelasi yaitu sebesar 0,54 yang artinya terdapat ke dalam kategori sedang. (2) Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 serta nilai thitung sebesar 3,958 > nilai tabel sebesar 2,02 sehingga dapat dipahami bahwa H0 artinya variabel Pengaruh Aktivitas Siswa Mengikuti Kegiatan Mentoring (X) berpengaruh dan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap variabel (Y) Karakter Disiplin di Sekolah. (3) Derajat pengaruh aktivitas Siswa Mengikuti Kegiatan Mentoring (X) terhadap Karakter Disiplin di Sekolah (Y) adalah sebesar 29,2%. Dengan demikian diperkirakan terdapat 70,8% faktor lain yang mempengaruhi Karakter disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Mentoring; Karakter Disiplin;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Education > Psychology of Education
Education > Sociology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agustiani Sri Rahayu
Date Deposited: 28 Dec 2023 00:48
Last Modified: 28 Dec 2023 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83621

Actions (login required)

View Item View Item