Nurfadilah, Nisa (2023) Penerapan model bahan ajar bahasa Arab berbasis Al Quran untuk meningkatkan minat dan kemampuan santri pada materi Tarakib : Studi eksperimen terhadap santri kelas wustha pondok pesantren Ulumul Qur’an Al-Musthafa Pamulihan Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover WM.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK WM.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI WM.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1 WM.pdf Download (839kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2 WM.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.8 WM.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4 WM.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5 WM.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS tesis WM.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
Abstract
Bahan ajar adalah salah satu unsur penting dalam pembelajaran, dan salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan. Bahan ajar memeliki berapa jenis, salah satunya adalah bahan ajar cetak, dari jenis ini peneliti menghasilkan bahan ajar bahasa arab berbasis Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat dan kemampuan siswa pada materi Tarakib sebelum menerapkan bahan ajar berbasis Al-Qur’an dan setelah menerapkannya. Adapun kendala yang peneliti temukan di pondok pesantren Ulumul Qur’an Al-Musthafa Pamulihan Sumedang pada pembelajaran bahasa Arab antara lain adalah masih rendahnya minat dan kemampuan siswa pada materi Tarakib.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimen jenis Pre Test Post Test. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Wustha pondok pesantren Ulumul Qur’an Al-Mustofa yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menyakatakan bahwasannya kemampuan siswa pada pembelajaran Tarakib meningkat setelah diterapkannya bahan ajar berbasis Al-Qur’an, dengan kriteria peningkatan “Tinggi” dengan rata-rata dari nilai n-gain 0,7. Begitu pula dengan minat belajar siswa, hal ini terlihat dari statistik persen motivasi siswa dari siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan, lebih tepatnya dari 129,1 % menjadi 170,7 %, meningkat sebesar 41,6% berada pada kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan odel bahan ajar berbasis Alquran dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas Wustha pondok pesantren Ulumul Qur’an Al-Mustofa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; Al-Qur’an; Minat; Kemampuan; Tarakib; |
Subjects: | Arabic Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nurfadilah Nisa |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 01:09 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83707 |
Actions (login required)
View Item |