penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gelombang cahaya

Balkis, Putri Ainun (2024) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model problem based learning berbasis mind mapping dengan model discovery learning tanpa mind mapping. Desain penelitian menggunakan pre-test post-test non-equivalent control group design dengan populasi peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Garut. Sampel penelitian terdiri dari 69 peserta didik yang diambil yaitu kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning berbasis mind mapping memperoleh nilai rata-rata 88% dikategorikan sangat efektif dengan model discovery learning tanpa mind mapping memperoleh nilai rata-rata 84% dikategorikan efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen diperoleh n-gain 0.72 dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0.60 dalam kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji mann wthitney nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.025 yang artinya < 0.005 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran model problem based learning berbasis mind mapping dengan model discovery learning tanpa mind mapping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Mind mapping; dan Problem Based Learning
Subjects: Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Theories of Light
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Putri Balkis
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:13
Last Modified: 23 Sep 2024 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83722

Actions (login required)

View Item View Item