Balkis, Putri Ainun (2024) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model problem based learning berbasis mind mapping dengan model discovery learning tanpa mind mapping. Desain penelitian menggunakan pre-test post-test non-equivalent control group design dengan populasi peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Garut. Sampel penelitian terdiri dari 69 peserta didik yang diambil yaitu kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning berbasis mind mapping memperoleh nilai rata-rata 88% dikategorikan sangat efektif dengan model discovery learning tanpa mind mapping memperoleh nilai rata-rata 84% dikategorikan efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen diperoleh n-gain 0.72 dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0.60 dalam kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji mann wthitney nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.025 yang artinya < 0.005 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran model problem based learning berbasis mind mapping dengan model discovery learning tanpa mind mapping.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Mind mapping; dan Problem Based Learning |
Subjects: | Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Theories of Light |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Putri Balkis |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83722 |
Actions (login required)
View Item |