Teknik siaran penyiar radio : Studi deskriptif mengenai teknik siaran penyiar radio pada program “Bianglala Pagi” di Radio REKS 103,7 FM Garut

Faturohman, Arif (2023) Teknik siaran penyiar radio : Studi deskriptif mengenai teknik siaran penyiar radio pada program “Bianglala Pagi” di Radio REKS 103,7 FM Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Radio REKS 103,7 FM Garut merupakan salah satu radio siaran yang hingga kini eksistensinya masih sangat berpengaruh di Garut. Terlihat dari stabilitas siarannya yang hingga kini masih banyak didengar oleh masyarakat Garut ditengah maraknya digitalisasi media. Radio REKS 103,7 FM memiliki berbagai jenis segmentasi program siaran, dari aneka ragam segmen siaran yang disiarkan oleh Radio REKS 103,7 FM Garut salah satu yang paling populer yaitu program “Bianglala Pagi”. Program “Bianglala Pagi” merupakan program siaran yang menjadi salah satu jembatan komunikasi antara Pemerintah Kabupaten Garut dengan masyarakatnya, yang menjadikan program “Bianglala Pagi” ini banyak didengarkan oleh masyarakat Garut. Selain programnya performa dari penyiar Radio REKS sendiri menjadi salah satu poin penting dalam menarik minat pendengar. Penyiar radio di REKS 103,7 FM Garut ini dituntut untuk menguasai teknik-teknik dasar dalam suatu siaran sehingga menjadikannya menarik untuk didengarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai penerapan teknik siaran yang dilakukan oleh penyiar Radio REKS 103,7 GM Garut pada Program “Bianglala Pagi”. Adapun teknik siaran yang dimaksud mengacu pada teori penyiaran yang dikemukakan oleh Romli yang membagi teknik siaran dalam dua jenis. Teknik siaran yang pertama merupakan teknik siaran dengan berbicara secara santai, tanpa beban, tanpa tekanan serta tanpa mengandalkan naskah sehingga mengandalkan improvisasi penyiarnya yang disebut dengan Teknik Ad Libitum. Teknik yang kedua merupakan teknik dengan membaca naskah (Script Reading). Selain itu penelitian ini juga menggunakan Teori Retorika sebagai acuan lainnya untuk membuktikan strategi penyiaran yang dilakukan seorang penyiar saat melakukan siaran di radio. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara secara mendalam serta observasi dengan pihak Radio REKS yang berlokasi di Garut selaku objek penelitian. Adapun narasumber yang dimaksud yakni penyiar Program “Bianglala Pagi” serta Program Manager di Radio REKS 103,7 FM Garut. Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa penyiar Radio REKS 103,7 FM Garut pada Program “Bianglala Pagi” menerapkan teknik siaran sesuai dengan kaidah teknik siaran. Penggunaan Teknik Ad Libitum digunakan saat segmen talkshow, interaksi dengan pendengar, dan iklan produk. Sementara penggunaan teknik membaca naskah (Script Reading) digunakan saat membacakan berita seperti breaking news, aspirasi Masyarakat Garut serta iklan layanan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknik Siaran; Penyiar Radio; Radio; Bianglala Pagi; REKS
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Applied Physics > Radio Engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Arif Faturohman
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:40
Last Modified: 12 Jan 2024 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83757

Actions (login required)

View Item View Item