Ishak, Saepul (2023) Pengembangan e-modul interaktif terintegrasi Etnosains untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat kemampuan pemecahan masalah di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan media pembelajaran interakttif yang melibatkan peran peserta didik secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan E-Modul interaktif terintegrasi etnosains; 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan E-Modul interaktif terintegrasi etnosains dengan tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 1 Ciawi pada materi gelombang bunyi dengan sampel 30 peserta didik. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan tahapan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan desain penelitian one�group pretest-posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah meliputi lembar vadasi ahli media, materi, ahli lapangan, serta lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dengan rubrik penilaian AABTLT with SAS. Hasil penelitian ini menghasilkan 1) pengembangan E-Modul interaktif terintegrasi etnosains layak digunakan dengan memperoleh nilai 1 dengan interpretasi validitas sangat tinggi yang diperoleh malalui perhitungan dengan menggunakan teknik Gregory; 2) keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama tiga pertemuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,11% dengan kategori efektif; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan E-Modul interaktif terintegrasi etnosains memperoleh nilai N-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Etnosains; Inkuiri Terbimbing; Gelombang Bunyi; Kemampuan Pemecahan Masalah; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Saepul Ishak |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 04:16 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83759 |
Actions (login required)
View Item |