Nursa'adah, Ida (2023) Penerapan model Assisted Learning melalui video pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Quasi eksperimen kelas VII SMP Negeri 1 Malangbong Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di SMPN 1 Malangbong Garut terdapat beberapa hal kesenjangan terkait dengan hasil belajar kognitif siswa serta kreativitas siswa dalam belajar. Kenyataan menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran, sehingga perlu digali lagi untuk membentuk sikap yang kreatif dan inovatif serta hasil belajar yang sesuai. Serta kurangnya keaktifan dan imajinasi serta ide-ide siswa dalam pembelajaran, hal ini tampak pada perilaku siswa yang cenderung hanya mencatat dan mendengarkan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi: Penerapan model assisted learning melalui video pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 1 Malangbong Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, yaitu jenis desain penelitian yang memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, studi dokumentasi, wawancara, angket/kuesioner dan tes. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 72 siswa yang terdiri 2 kelas, kela VII-E sebagai kelompok kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas VII-J sebagai kelompok kelas kontrol berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model assisted learning melalui video pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Malangbong di kelas eksperimen dilakukan dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) Perbedaan kreativitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model assisted learning melalui video pembelajaran memperoleh skor rata-rata 88,67% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan kreativitas belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan model konvensional memperoleh skor rata-rata sebesar 64,67% dengan kategori sedang. 3) Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Assisted Learning melalui video pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,05 dengan kategori sangat baik dan N-Gain sebesar 85,55% termasuk kategori efektif. 4) Respon siswa terhadap model Assisted Learning melalui video pembelajaran didapat skor rata-rata angket sebesar 83,08 dengan kategori tinggi. Respon siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Assisted Learning melalui video pembelajaran pada pembelajaran PAI umumnya berada pada kategori tinggi, sehingga model Assisted Learning melalui video pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Malangbong.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Assisted Learning; Video Pembelajaran; Kreativitas Belajar; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education and Research of Literatures |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ida Nursa'adah |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 01:51 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83760 |
Actions (login required)
View Item |