Penerapan model Assisted Learning melalui video pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Quasi eksperimen kelas VII SMP Negeri 1 Malangbong Garut

Nursa'adah, Ida (2023) Penerapan model Assisted Learning melalui video pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Quasi eksperimen kelas VII SMP Negeri 1 Malangbong Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di SMPN 1 Malangbong Garut terdapat beberapa hal kesenjangan terkait dengan hasil belajar kognitif siswa serta kreativitas siswa dalam belajar. Kenyataan menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran, sehingga perlu digali lagi untuk membentuk sikap yang kreatif dan inovatif serta hasil belajar yang sesuai. Serta kurangnya keaktifan dan imajinasi serta ide-ide siswa dalam pembelajaran, hal ini tampak pada perilaku siswa yang cenderung hanya mencatat dan mendengarkan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi: Penerapan model assisted learning melalui video pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 1 Malangbong Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, yaitu jenis desain penelitian yang memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, studi dokumentasi, wawancara, angket/kuesioner dan tes. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 72 siswa yang terdiri 2 kelas, kela VII-E sebagai kelompok kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas VII-J sebagai kelompok kelas kontrol berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model assisted learning melalui video pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Malangbong di kelas eksperimen dilakukan dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) Perbedaan kreativitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model assisted learning melalui video pembelajaran memperoleh skor rata-rata 88,67% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan kreativitas belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan model konvensional memperoleh skor rata-rata sebesar 64,67% dengan kategori sedang. 3) Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Assisted Learning melalui video pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,05 dengan kategori sangat baik dan N-Gain sebesar 85,55% termasuk kategori efektif. 4) Respon siswa terhadap model Assisted Learning melalui video pembelajaran didapat skor rata-rata angket sebesar 83,08 dengan kategori tinggi. Respon siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Assisted Learning melalui video pembelajaran pada pembelajaran PAI umumnya berada pada kategori tinggi, sehingga model Assisted Learning melalui video pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Malangbong.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Assisted Learning; Video Pembelajaran; Kreativitas Belajar; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of Literatures
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Nursa'adah
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:51
Last Modified: 05 Jan 2024 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83760

Actions (login required)

View Item View Item