Pembelajaran model Concept Attainment untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Afrilyanti, Alia (2023) Pembelajaran model Concept Attainment untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapakan model pembelajaran Concept Attainment. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM). Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri di kota Tasikmalaya populasi yang digunakan sebanyak 11 kelas dan pengambilan sampel sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih baik daripada siswa menggunakan model pembelajaran konvensional; (b) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Concept Attainment; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Alia Afrilyanti
Date Deposited: 04 Jan 2024 05:04
Last Modified: 04 Jan 2024 05:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83793

Actions (login required)

View Item View Item