Penerapan metode Maqomah dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung

Mutawalie, Ary (2023) Penerapan metode Maqomah dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftarisi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (bab 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (bab 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (bab 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

SMP Darul Hikam Bandung dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an sudah melakukan berbagai upaya dalam pengembangannya, terbukti menjadikan pengembangan Al-Qur’an sebagai fokus prioritasnya. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengadopsi metode-metode yang relevan dengan karakter siswa dan siswinya, kendati demikian dalam kenyataannya metode-metode ini belum memenuhi hasil yang diinginkan, maka salah satu langkah yang dinilai tepat untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah metode MAQAMAH. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Penerapan metode maqamah pada mata pelajaran membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa SMP kelas VII Darul Hikam (2) Penerapan metode maqamah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Darul Hikam (3) Penerapan metode maqamah dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP kelas VII Darul Hikam. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain nonequivalent control group. Dalam desain ini, terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan tertentu, dalam hal ini penerapan pembelajaran kontekstual melalui metode maqomah, sedangkan kelompok kontrol tetap menggunakan pembelajaran metode konvensional. Kelompok kontrol berfungsi sebagai pembanding dengan kelompok eksperimen yang telah diberikan perlakuan selama kurun waktu tertentu. Dengan demikian, perbedaan antara kedua kelas terletak pada jenis metode pembelajaran yang diterapkan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, test, dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan tidak terdapat perbedaan minat membaca Al-Qur’an pada siswa SMP Darul Hikam sebelum dan sesudah diterapkannya metode MAQAMAH hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik dari hasil nilai observasi awal yang dibandingkan dengan nilai observasi akhir setelah di terapkan nya metode MAQOMAH di dapat nilai sig nilai sig > 0,05 (0,908 > 0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an. Pengamatan minat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui dari hasil uji t terdapat nilai Sig > 0,05 (0,051 > 0,05), maka dapat di simpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan minat belajar Al-Qur’an antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan metode MAQOMAH dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Darul Hikam adalah (1) Pada perbandingan kemampuan sebelum dan sesudah penerapan metode maqamah diperoleh nilai sig < 0,05 (0,009 < 0,05) (2) Hasil observasi akhir memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari hasil observasi awal Rata-Rata Pretest < Rata-Rata Posttest ( 34.24 < 38.08 ) (3) Pengamatan kemampuan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode maqomah dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diketahui dari hasil uji t terdapat nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an pada hasil observasi akhir ( postest) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah keduanya diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Al-Qur'an; Maqomah; Minat Membaca Al-Qur'an; Metode Belajar; Talaqqi.
Subjects: Islam Umum
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ary Mutawalie
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:05
Last Modified: 05 Jan 2024 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83820

Actions (login required)

View Item View Item