Strategi dakwah Ustaz Nendi Sutendi dalam meningkatkan akhlak remaja: Studi deskriptif di Pengajian Nurul Khoir Mekarsari Cijerah

Gibran, Arrizal Yusuf (2023) Strategi dakwah Ustaz Nendi Sutendi dalam meningkatkan akhlak remaja: Studi deskriptif di Pengajian Nurul Khoir Mekarsari Cijerah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Strategi dakwah adalah sebuah rencana jangka panjang yang harus dilakukan oleh pendakwah untuk merubah umat menjadi lebih baik. Problematika yang terjadi pada remaja saat ini adalah kurangnya pendidikan tentang akhlak serta pengaruh lingkungan yang tidak baik. Salah satu da’i di Gang Mekarsari 2 Cijerah yaitu Ustaz Nendi Sutendi mempunyai sebuah strategi untuk meningkatkan akhlak remaja. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Ustaz Nendi Sutendi dalam meningkatkan akhlak remaja di Pengajian Nurul Khoir. Teori yang digunakan adalah teori manajemen strategi yang menjawab tiga fokus tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian penelitian ini bersumber dari pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan hasil akhir berupa sajian data dalam bentuk kalimat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi dakwah yang dipakai oleh Ustaz Nendi Sutendi dalam meningkatkan akhlak para remaja benar memakai tiga tahapan strategi yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Ustaz Nendi Sutendi memiliki tiga perencanaan yang ada di dalam diri seorang da’i yaitu niat kepada Allah SWT, adab keilmuan dengan pendekatan terhadap remaja, dan memiliki rasa kesabaran tinggi. Dalam perencanaan itu, terbentuklah persiapan kegiatan berupa menyiapkan materi, membuka sesi tanya jawab dan mengadakan kegiatan tawasul. Dalam pelaksanaan dakwahnya, Ustaz Nendi Sutendi menyampaikan materi, memberi motivasi dan nasihat agar lebih baik. Materi yang disampaikan beliau menggunakan cara yang mudah dipahami oleh remaja, beliau juga bekerjasama dengan para orangtua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya di luar lingkungan pengajian. Kemudian dalam tahap evaluasi Ustaz Nendi Sutendi berpedoman kepada al-Qur’an dan Hadist. Proses evaluasi dilakukan tidak formal tetapi dilakukan secara berkala terhadap materi kajian maupun diri sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Ustaz Nendi Sutendi; Akhlak Remaja
Subjects: Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Mahzab Syafi'i, Syafii
Communities > Community Sociology
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arrizal Yusuf Gibran
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:01
Last Modified: 12 Jan 2024 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83962

Actions (login required)

View Item View Item