Pengaruh investasi dan remitansi Arab Saudi, serta Net Export terhadap cadangan devisa yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia

Mardiah, Ima Rahma (2023) Pengaruh investasi dan remitansi Arab Saudi, serta Net Export terhadap cadangan devisa yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK new.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Indonesia dengan Arab Saudi telah melakukan kerjasama sejak tahun 1950, alasannya Arab Saudi sebagai mitra strategis di bidang ekonomi, diharapkan dapat menambah nilai dalam bidang perniagaan dan penanaman modal (investasi) bagi kedua belah pihak yang tujuan akhirnya meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua negara khususnya untuk Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh:1. Investasi, Remitansi Arab Saudi, dan Net Export terhadap Cadangan Devisa Negara Indonesia, 2. Investasi, Remitansi Arab Saudi, dan Net Export melalui cadangan devisa terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 3. Cadangan Devisa terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Metode yang digunakan dalam penelitian ini, Metode desktiptif dengan pendekatan kuantitatif, analisis data sekunder periode 2016-2022, Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, data dari Kementrian Perdagangan Luar Negeri, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), BPS serta Bank Indonesia. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari uji deskriptif, uji validitas, uji normalitas, serta uji t dengan mengguanakan path analisis yang diolah menggunakan IBM SPSS(Software Statistical For Social Sciens) versi 27. Kerangka berfikir dalam penelitian ini, berdasarkan teori pertumbuhan ekonomi faktor-faktor yang beirpeingaruih signifikan keipada peirtuimbuihan eikonomi yakni kuirs, cadangan deivisa dan export. Adapun Cadangan deivisa dipeingaruihi eikspor neito yang teircatat dalam neiraca modal seirta neiraca beirjalan dimana teircatat aktivitas peirdagangan, inveistasi, dan peingiriman uiang baik antar neigara dan seiluiruih duinia. Hasil penelitian menunjukan secara parsial: (1).Investasi berpengaruh positif terhadap cadangan devisa Indonesia sebesar 63,84%. (2).Remitansi tidak berpengaruh positif terhadap cadangan devisa Indonesia sebesar 21,0%. (3).Net export tidak berpengaruh positif terhadap cadangan devisa Indonesia 15,7%. (4).Investasi tidak berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 21,62%. (5).Remitansi tidak berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,2%. (6).Net Export tidak berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 3,5%. (7).Investasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui cadangan devisa Indonesia sebesar -28,4%. (8).Remitansi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui cadangan devisa Indonesia sebesar 16,3%.(9).Net Export tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui cadangan devisa Indonesia sebesar-14,1%. (10).Cadangan devisa indonesia tidak berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 12,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Investasi; Remitansi; Nett Export; Cadangan devisa; Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Ima Rahma Mardiah
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:05
Last Modified: 11 Jan 2024 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83967

Actions (login required)

View Item View Item