Hubungan manajemen konflik dengan kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung

Khoerunnisa, Siti Noorbaeti (2023) Hubungan manajemen konflik dengan kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Konflik dapat berdampak terhadap kepuasan yaitu konflik sebagai perangsang dan menggunakan pengalaman dalam hal penaikan dan penurunan ketegangan dalam rangka meraih kepuasan. Konflik dapat menurunkan kepuasan kerja dan meningkatkan ketidakpuasan. Namun, apabila konflik dikelola secara baik dapat memberikan kepuasan bagi anggota dan bahkan dapat meningkatkan kinerja organisasi atau Lembaga. Tenaga pendidik dan kependidikan dalam proses pendidikan memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembagan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mendeskripsikan manajemen konflik di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung (2). mendeskripsikan kepuasan kerja pegawai di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung (3). menganalisis hubungan manajemen konflik dengan kepuasan kerja pegawai di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitaif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari empat alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 40 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Manajemen konflik di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,37 dari hasil pengolahan data (2) Kepuasan kerja pegawai di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bandung, dikategorikan sedang yaitu sebesar 3,27 dari hasil pengolahan data (3). Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara variable X dan variable Y, maka diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,490, termasuk kategori koefesien 0,26 - 0,50 artinya terdapat hubungan yang cukup atau kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen kepuasan kerja pegawai di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bandung. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikansi manajemen konflik kepala madrasah dengan kinerja guru diperoleh 0,001 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika manajemen konflik semakin ditingkatkan kepuasan kerja pegawai juga meningkat. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,385 yang berarti bahwa variabel manajemen konflik dengan kepuasan kerja pegawai memiliki kontribusi sebesar 38,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konflik; Kepuasan kerja; Tenaga Pendidik; Kependidikan
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
General Management
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Noorbaeti Khoerunnisa
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:18
Last Modified: 12 Jan 2024 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83971

Actions (login required)

View Item View Item