Pengaruh tayangan animasi Nussa dan Rara episode toleransi terhadap moderasi beragama siswa Madrasah Tsanawiyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purwakarta

Endahati, Annida Fitriani (2023) Pengaruh tayangan animasi Nussa dan Rara episode toleransi terhadap moderasi beragama siswa Madrasah Tsanawiyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang beranekaragam akan budaya, agama, suku, bahasa, serta adat istiadat. Dengan adanya ini menjadi salah satu munculnya konflik yang dimanfaatkan oleh oknum untuk menanamkan pemahaman yang salah dengan target lembaga pendidikan, oleh karena itu muncul paham radikalis, intoleran, terorisme dan ekstrimisme di kalangan peserta didik, maka sangat penting sikap moderasi beragama pada setiap individu untuk mencegah berkembangnya pemahaman yang salah, terutama pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya pembelajaran moderasi beragama baik dilingkungan sekolah, keluarga maupun dilingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas pembelajaran akidah akhlak materi toleransi melalui tayangan animasi Nussa dan Rara di MTsN 1 Purwakarta, mendeskripsikan realitas sikap moderasi beragama siswa di sekolah MTsN 1 Purwakarta, dan mengetahui pengaruh akan pemahaman serta penerapan moderasi beragama siswa Madrasah Tsanawiyah dengan menggunakan tayangan animasi Nussa dan Rara pada episode Toleransi di MTsN 1 Purwakarta. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa toleransi merupakan sikap yang harus dimiliki seorang pelajar, karena hal ini mempengaruhi sikap dan perilakunya terhadap moderasi beragama di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hipotesis ini adalah semakin tinggi pemahaman siwa terhadap tayangan animasi Nussa dan Rara episode toleransi, maka semakin tinggi penerapan siswa terhadap sikap moderasi beragama di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode ex-post facto dengan teknik purposive sampling, pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada peserta didik kelas VIII, observasi dilakukan di sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik dan uji hipotesis menggunakan uji linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil bahwa: (1)Realitas pembelajaran akidah akhlak tayangan animasi Nussa dan Rara (X) ini memiliki nilai rata-rata yang tinggi yaitu 4,5 dengan kategori sangat tinggi karena berada di interval 4,20 – 5,00. (2)Realitas sikap moderasi beragama memiliki nilai rata-rata tinggi yaitu 4,9 yaitu kategori sangat tinggi, karena berada pada interval 4,20 – 5,00. (3) Hasil analisis uji hipotesis yang telah diperoleh dari kuesioner yang telah dijawab oleh responden dapat disimpulkan terdapatnya pengaruh tayangan animasi Nussa dan Rara episode toleransi terhadap moderasi beragama siswa MTs yaitu sebesar 0.048 atau 48% (koefisien determinasi) sedangkan sisanya 52% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tayangan Animasi Nussa dan Rara; Toleransi; Moderasi Beragama
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam dan Kristen, Islam dan Katholik
Public Performances > Motion Pictures, Movies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annida Fitriani Endahati
Date Deposited: 12 Jan 2024 00:55
Last Modified: 12 Jan 2024 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83982

Actions (login required)

View Item View Item