Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pangandaran

Latifah, Silfi Nurmalia (2023) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pangandaran. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Guru sebagai pendidik dituntut untuk senantiasa memiliki kinerja yang baik. Berdasarkan fenomena dilapangan yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten pangandaran terdapat beberapa guru yang belum begitu inovatif juga kreatif dalam pembelajaran, kehadiran yang fluktuatif, kualifikasi kesesuaian antara pendidikan terakhir dengan mata pelajaran yang diampunya serta kemampuan kepemimpinan kepala madrasah yang belum maksimal. Penelitian ini juga bertujuan: 1) menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pangandaran, 2) menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pangandaran, 3) menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini sebanyak 69 guru Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pangandaran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS v.26.0. Hasil penelitian ini menujukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 0,000 < 0,05 dengan hasil pengujian koefisien determinasi sebesar 16,9%. Terdapat pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,000 < 0,05 dengan hasil pengujian koefisien determinasi sebesar 30,6%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan motivasi kerja secara bersamaan terhadap kinerja guru sebesar 0,000 < 0,05 dengan hasil koefisien determinasi sebesar 37,5%. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Pentingnya peran kepemimpinan kepala madrasah dalam memberikan inspiratif dan stimulasi intelektual mampu mendorong optimaliasi kinerja guru yang didukung dengan adanya pengembangan maupun pelatihan mengenai kompetensi dan motivasi guru secara rutin guna meningkatkan kreativitas dan inovasi guru pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Motivasi Kerja; Kinerja Guru
Subjects: Social Process > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Personnel Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Silfi Nurmalia Latifah
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:18
Last Modified: 15 Jan 2024 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84024

Actions (login required)

View Item View Item