Syaharudin, Reza Aulia (2023) Faktor internal yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap label Halal pada produk non pangan : Studi kasus pada masyarakat kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (857kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
Abstract
Masyarakat Islam adalah mereka yang hidupnya diarahkan oleh peratutan- peraturan dalam Al-Qur’an terutama dalam hal konsumsi, sehingga pedoman hidup merekapun Al-Qur’an itu sendiri, UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Pasal 4 "Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal", Menurut Notoatmodjo (2005) dalam USU (2017) banyak faktor yang menyebabkan stimulus masuk dalam rentang perhatian seseorang. Faktor tersebut terdiri dari dua bagian besar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang terdapat pada orang yang mempersepsikan stimulus tersebut sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang melekat pada obyeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal (pengalaman atau pengetahuan, harapan, kebutuhan, motivasi, emosi, budaya.) terhadap Persepsi masyarakat Kabupaten Bekasi menganai label halal pada produk non pangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini mengambil 100 sampel responden menggunakan teori Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online dan studi pustaka. Analisis statistik yang digunakan meliputi uji deskriptif data, uji validitas, uji reabilitas, uji koefisien determinasi, uji normalitas uji multikolenearitas, analisis linear berganda, uji hipotesis. Dalam penelitian ini Pengetahuan (X1) memiliki nilai hitung t hitung sebesar 2,869 > 1,661 artinya Pengetahuan (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Persepsi pada label halal (Y), Harapan (X2) memiliki nilai hitung t hitung sebesar 3,657 > 1,661 artinya Harapan (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Persepsi pada label halal (Y), Kebutuhan (X3) memiliki nilai hitung t hitung sebesar 5,030 > 1,661 artinya Kebutuhan (X3) berpengaruh secara parsial terhadap Persepsi pada label halal (Y), Motivasi (X4) memiliki nilai hitung t hitung sebesar 1,332 < 1,661 artinya Motivasi (X4) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Persepsi pada label halal (Y), Emosi (X5) memiliki nilai hitung t hitung sebesar 2,042 > 1,661 artinya Emosi (X5) berpengaruh secara parsial terhadap Persepsi pada label halal (Y), Budaya (X6) memiliki nilai hitung t hitung sebesar 3,288 > 1,661 artinya Budaya (X6) berpengaruh secara parsial terhadap Persepsi pada label halal (Y), Maka dari ke enam (6) variabel tersebut yang berpengaruh secara signifikan namun tidak berpengaruh secara parsial hanya variabel X4 karena nilai t hitung lebih kecil dari pada t tabel dan lima (5) variabel lainnya berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y) persepsi masyarakat pada label halal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Internal; Persepsi Masyarakat; Label Halal. |
Subjects: | Islam > Islam and Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Reza Aulia Syaharudin |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 01:25 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84095 |
Actions (login required)
View Item |