Bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Mekar Arum kelas VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Yulianingsih, Diana (2023) Bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Mekar Arum kelas VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya fenomena mengenai rendahnya kepercayaan diri pada peserta didik, yaitu merasa malu-malu dan ragu saat diminta untuk mengungkapkan pendapat, merasa takut saat diminta untuk maju ke depan kelas, kurangnya motivasi diri untuk partisipasi dalam kegiatan di luar kelas, dan kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar terutama teman sebaya. Masalah tersebut dapat menjadi hambatan besar bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara maksimal. Oleh sebab itu, layanan bimbingan klasikal perlu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kondisi kepercayaan peserta didik; 2) untuk mengetahui proses bimbingan klasikal dalam meningkatkan kepercayaan peserta didik; 3) untuk mengetahui hasil dari bimbingan klasikal dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII di SMP Mekar Arum Cinunuk Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini mendeskripsikan masalah-masalah yang ada dengan fakta-fakta temuan secara jelas, sistematis, dan apa adanya sesuai di SMP Mekar Arum Cinunuk Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berlandaskan pada teori sosial kognitif, bimbingan klasikal, teori kepercayaan diri dan teori peserta didik. Digunakannya teori sosial kognitif karena teori tersebut relevan dengan penelitian ini, bimbingan klasikal karena layanan bimbingan tersebut menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi, teori kepercayaan diri karena merupakan permasalahan yang sedang dihadapi dan teori peserta didik yang menjadi objek dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII di SMP Mekar Arum Cinunuk Kabupaten Bandung dapat dikatakan cukup efektif dan berhasil. Terlihat peserta didik sudah terlatih untuk berani mengungkapkan pendapat dan maju ke depan kelas, mendapatkan motivasi diri agar lebih bisa insiatif mengikuti kegiatan di luar kelas dan lebih banyak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar terutama teman sebaya. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya bimbingan klasikal dapat memberikan dampak postif terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teori Sosial Kognitif; Bimbingan Klasikal; Kepercayaan Diri; Peserta Didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yulianingsih Diana
Date Deposited: 17 Jan 2024 00:39
Last Modified: 17 Jan 2024 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84143

Actions (login required)

View Item View Item