Persepsi masyarakat Kecamatan Pangalengan terhadap informasi hoax pada pilpres 2024 di media berita online

Azizah, Luthfy Mediany Lathifatul (2023) Persepsi masyarakat Kecamatan Pangalengan terhadap informasi hoax pada pilpres 2024 di media berita online. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat Kecamatan Pangalengan terhadap informasi hoax yang terkait dengan Pilpres 2024 di media berita online. Ditemukan bahwa persepsi terhadap informasi hoax dapat signifikan mempengaruhi cara pandang dan perilaku masyarakat dalam pengambilan keputusan politik. Penyebaran informasi hoax memiliki dampak terhadap persepsi publik terhadap kandidat dan partai politik tertentu, yang pada dasarnya dapat memengaruhi hasil Pilpres dan integritas demokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan fokus mendeskripsikan karakteristik dan keadaan persepsi masyarakat di Kecamatan Pangalengan terhadap informasi hoax dalam konteks Pilpres 2024 di media berita online. Survei terstruktur dilakukan melalui kuesioner, baik secara langsung kepada responden di kecamatan maupun melalui survei online menggunakan platform survei elektronik. Data statistik dari sumber resmi, seperti data pemerintah atau lembaga statistik, dapat digunakan untuk mendukung penelitian ini. Analisis konten media berita online juga menjadi pendekatan yang relevan untuk mengumpulkan data kuantitatif, mengidentifikasi penyebaran informasi hoax, topik yang sering muncul, dan karakteristik lainnya yang berhubungan dengan persepsi masyarakat. Selain dari sumber tersebut, peneliti juga memperoleh informasi dari bahan bacaan pelengkap seperti jurnal, skripsi, website, dan buku yang terkait kajian topik yang sedang peneliti teliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen pengukuran yang digunakan memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang baik, memberikan keyakinan bahwa data yang diperoleh dapat dianggap valid dan dapat diandalkan. Kesadaran tinggi dan efektivitas upaya penanggulangan terbukti menjadi faktor penting dalam memitigasi dampak informasi hoax selama Pilpres 2024, sementara respon negatif masyarakat menyoroti kompleksitas individu dan budaya dalam menghadapi isu tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode kuantitatif deskriptif; Persepsi Masyarakat; Informasi Hoax; Pilpres 2024; Media Berita Online.
Subjects: Political Process > Parties in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Luthfy Mediany Lathifatul Azizah
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:05
Last Modified: 18 Jan 2024 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84185

Actions (login required)

View Item View Item