Pengaruh kinerja dan komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung

Purwandani, Dela (2023) Pengaruh kinerja dan komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan produktivitas merupakan tujuan dan perhatian utama dari setiap organisasi, baik organisasi sosial maupun lembaga pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, baik yang berhubungan dengan tenaga kerja maupun yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Fenomena yang terjadi dilapangan masih ada guru dan staf tata usaha yang belum mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan optimal, absensi yang fluktuatif, dan stagnan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh kinerja terhadap produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung, 2) menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung, 3) menganalisis pengaruh kinerja pegawai dan komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung. Kerangka berpikir dari penelitian ini untuk variabel kinerja merujuk kepada teori Robbins bahwa kinerja adalah suatu hasil yang dicapai oleh pegawai dalam pekerjaanya menurut kriteria tertentu yang berlaku untuk suatu pekerjaan. Indikator untuk mengukur kinerja pegawai adalah: (1) kualitas kerja; (2) kuantitas; (3) ketepatan waktu; (4) efektifitas; (5) kemandirian. Variabel komitmen organisasi menurut Allen dan Meyer indikator untuk mengukurnya adalah: (1) komitmen afektif; (2) komitmen kontinuans; (3)komitmen normatif. Indikator produktivitas pegawai menurut Edy Sutrisno : (1) kemampuan (2) meningkatkan hasil yang dicapai (3) semangat kerja (4) pengembangan diri (5) mutu (6) efisiensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada 180 pegawai di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung sebagai sampel penelitian. Tahap selanjutnya angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji intrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji regresi sederhana, uji regresi berganda, dan koefisien determinasi) menggunakan SPSS v.26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja (X1) berpengaruh terhadap produktivitas kerja (Y) pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung sebesar 61,1%, komitmen organisasi (X2) berpengaruh terhadap produktivitas kerja (Y) pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung sebesar 31,7%, dan secara simultan kinerja (X1) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh terhadap produktivitas kerja (Y) pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Bandung sebesar 73,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja; komitmen organisasi; produktivitas kerja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: dela purwandani
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:40
Last Modified: 18 Jan 2024 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84191

Actions (login required)

View Item View Item