Hubungan minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia

Tazkiya, Nenden Ayu (2023) Hubungan minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Minat bielajar mieriupakan pierasaan sienang, giembira, dan tiertarik tierhadap siuatiu kiegiatan ataiu aktivitas kietika tidak ada orang yang mieminta ataiu miemierintahkannya. Mieniulis karangan narasi mieriupakan kietierampilan mieniulis yang tiermasiuk dalam bahan ajar siekolah dasar. Oleh karenannya siswa harus mempunyai kemampuan dalam menuliskarangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan mendeskripsikan hubungan minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Miftahul Falah Gedebage. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel diambil dari kelas V yang berjumlah 41 siswa. Adapun instrument yang digunakan ialah angket untuk mengetahui minat belajar siswa dan tes untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa. Teknik analisis menggunakan teknik korelasi bivariat yang dimulai dari uji normalitas kolmogrof Smirnov diperoleh data berdistribusi normal, kemudian uji korelasi product moment, dan menghitung kooefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki rata-rata sebesar 50,56 yang berarti berada pada kategoriri sedang. Sedangkan rata-rata pada kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh sebesar 81,37 yang berada pada kategoriri tinggi. Hubungan antara minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Miftahul Falah Gedebage termasuk ke dalam kategoriri sedang atau cukup. Hal tersebut dapat ditunjukan dari hasil perhitungan uji korelasi product moment nilai rhitung sebesar 0,413. Nilai signifikansi 0,200% dan jumlah responden 41 maka diperoleh rtabel sebesar 0,308. Dengan demikian, H1 diterima karena rhitung (0,413) > rtabel (0,308). Artinya, terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa. hal ini ditunjukan bahwa 17% minat belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan menulis karangan narasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Karangan Narasi; Minat Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayu Tazkiya Nenden
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:10
Last Modified: 18 Jan 2024 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84192

Actions (login required)

View Item View Item