Tazkiya, Nenden Ayu (2023) Hubungan minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
Abstract
Minat bielajar mieriupakan pierasaan sienang, giembira, dan tiertarik tierhadap siuatiu kiegiatan ataiu aktivitas kietika tidak ada orang yang mieminta ataiu miemierintahkannya. Mieniulis karangan narasi mieriupakan kietierampilan mieniulis yang tiermasiuk dalam bahan ajar siekolah dasar. Oleh karenannya siswa harus mempunyai kemampuan dalam menuliskarangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan mendeskripsikan hubungan minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Miftahul Falah Gedebage. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel diambil dari kelas V yang berjumlah 41 siswa. Adapun instrument yang digunakan ialah angket untuk mengetahui minat belajar siswa dan tes untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa. Teknik analisis menggunakan teknik korelasi bivariat yang dimulai dari uji normalitas kolmogrof Smirnov diperoleh data berdistribusi normal, kemudian uji korelasi product moment, dan menghitung kooefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki rata-rata sebesar 50,56 yang berarti berada pada kategoriri sedang. Sedangkan rata-rata pada kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh sebesar 81,37 yang berada pada kategoriri tinggi. Hubungan antara minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Miftahul Falah Gedebage termasuk ke dalam kategoriri sedang atau cukup. Hal tersebut dapat ditunjukan dari hasil perhitungan uji korelasi product moment nilai rhitung sebesar 0,413. Nilai signifikansi 0,200% dan jumlah responden 41 maka diperoleh rtabel sebesar 0,308. Dengan demikian, H1 diterima karena rhitung (0,413) > rtabel (0,308). Artinya, terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa. hal ini ditunjukan bahwa 17% minat belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan menulis karangan narasi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia; Karangan Narasi; Minat Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ayu Tazkiya Nenden |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:10 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84192 |
Actions (login required)
View Item |