Pengaruh gaya kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan: Studi pada Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang

Noviansyah, Candra (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan: Studi pada Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kinerja karyawan yang belum berjalan dengan optimal pada Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabuapten Subang. Hal tersebut terlihat dari turunnya jumlah pelanggan Sambungan Rumah (SR) yang diduga dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang baik itu secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 45 responden menggunakan metode probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis deskriptif. Pengujian hipotesis ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan taraf nyata 0,05 atau 5%. Sedangkan alat pengolah data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 26 for Windows. Pembahasan hasil penelitian menunjukan bahwa, Uji t gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung > ttabel (6,919 > 1,681). Dengan taraf signifikansinya 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan menunjukan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan Uji t stres kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung > ttabel (-5,484 > 1,671). Dengan taraf signifikansinya 0,000 < 0,05. Adapun nilai thitung negatif menunjukkan bahwa stres kerja mempunyai pengaruh yang negatif atau tidak searah dengan kinerja karyawan. Jadi dapat disimpulkan bahwa stres kerja menunjukan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan Uji F gaya kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai Fhitung > Ftabel (35,790 > 3,22). Dengan taraf signifikansinya 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan dan stres kerja menunjukan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan koefisien determinasi R Square (R2) atau nilai koefisien determinasi yang di peroleh dari data di atas adalah sebesar 0,613 = 61,3%, ini menunjukan persentasi sumbangan pengaruh variabel gaya kepemimpinan dan stres kerja 61,3%, sedangkan sisanya sebesar 38,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Stres Kerja; Kinerja Karyawan
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Candra Noviansyah
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:33
Last Modified: 19 Jan 2024 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84236

Actions (login required)

View Item View Item