Pengaruh media pembelajaran Role Playing Game terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian di kelas X SMK Negeri 1 Rancaekek

Hidayatulloh, Abdul Azis (2023) Pengaruh media pembelajaran Role Playing Game terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian di kelas X SMK Negeri 1 Rancaekek. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan pihak SMKN 1 Rancaekek, kegiatan pembelajaran daring lebih sering menggunakan video konferensi yang membuat siswa menjadi jenuh. Kejenuhan merupakan akar hilangnya minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran menarik yang memiliki sifat interaktif, mengutamakan kerjasama, komunikasi, dan bisa menimbulkan interaksi antar siswa adalah permainan. Berdasarkan survei Agate Studio, game bergenre Role Play Game (RPG) merupakan game favorit di Indonesia. Sayangnya, sebagian besar pendidik masih jarang menggunakan game edukasi berbasis komputer dalam pembelajaran karena masih kesulitan dalam membuatnya dan sedikitnya referensi. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) untuk mengukur tingkat pengaruh penggunaan media pembelajaran RPG terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah di kelas X SMKN 1 Rancaekek, (2) untuk mengukur tingkat pengaruh penggunaan media pembelajaran RPG terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah di kelas SMKN 1 Rancaekek, (3) untuk mengukur tingkat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah di kelas X SMKN 1 Rancaekek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMKN 1 Rancaekek sejumlah 56 siswa sebagai sampel yang terbagi ke dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran RPG terhadap minat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMKN 1 Rancaekek (0.000 < 0.05), (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media pembelajaran RPG terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMKN 1 Rancaekek (0.000 < 0.05), (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media pembelajaran RPG terhadap kemampuan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMKN 1 Rancaekek (0.000 < 0.05). Berdasarkan temuan penelitian ini, direkomendasikan kepada sekolah untuk memberdayakan media pembelajaran game edukasi sehingga mendorong minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; role playing game; minat belajar; hasil belajar
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S,Pd Abdul Azis hidayatulloh
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:08
Last Modified: 23 Jan 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84289

Actions (login required)

View Item View Item