Penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik

Wiqi, Rahimul (2023) Penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah creativity yang artinya membuat/menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Kreativitas ditinjau dari dimensi process berkaitan dengan proses berpikir kreatif. Hanya saja keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan dilakukan studi pendahuluan di SMAN 26 Kota Bandung. Salah satu upaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif yaitu dengan menggunakan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada pembelajaran. Keempat aspek STEM diintegrasikan secara bersamaan pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEM dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan pendekatan STEM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperiment. Penelitian ini dilakukan di SMAN 26 Kota Bandung pada kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Hasil penelitian ini didapatkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEM memiliki persentase 84,5% dengan kategori baik sekali. Kreativitas peserta didik dalam pembuatan proyek vacuum clenaer sebesar 76,85 dengan kategori baik. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan N-gain sebesar 0,32 dan 0,31 pada kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran memiliki keterlaksanaan yang baik sekali dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, hanya saja pada penelitian ini tidak ada perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan abad 21; keterampilan berpikir kreatif; STEM
Subjects: Education, Research
Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahimul Wiqi Chulmartias
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:15
Last Modified: 23 Jan 2024 04:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84327

Actions (login required)

View Item View Item