Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring: Analisis ilmu pendidikan Islam

Karyadhara, Erlangga Nur Al Farizi (2023) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring: Analisis ilmu pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (cover).pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (abstrak).pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (daftar isi).pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (bab 1).pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (bab 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
Text (bab 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (bab 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
Text (bab 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (daftar pustaka).pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya penyimpang akhlak dan moral serta perilaku di kalangan remaja dalam kehidupan sehari-hari seperti maraknya kenakalan remaja, kejahatan seksual, pencurian, kekerasan, penindasan, kejahatan korupsi, kolusi, nepotisme dan tindakan tidak terpuji lainnya yang dilakukan oleh remaja yang seharusnya menjadi harapan bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pertama Ajaran filosofi stoikisme dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Kedua Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Islam. Ketiga Relevansi ajaran stoikisme dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring dengan nilai pendidikan akhlak dalam Islam Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode Kualitatif, dengan menggunakan Studi Pustaka. Data yang diperoleh dianalisis beragam teknik, diantaranya Studi Dokumenter, Studi Kepustakaan dan Internet Searchimg. Hasil analisis data diperoleh dari analisis isi atau content analysis, dengan tahapan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan atau Koreksi Data. Kerangka berpikir pada penelitian ini lebih menitik beratkan pada Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampirinng. Yang mana pada buku tersebut merupakan buku nonfiksi yang berisi tentang ajaran filsafat stoikisme, kemudian ajaran stokisme dalam buku tersebut ada beberapa ajaran yang relevan dengan nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam islam. Hasil penelitian ini. Pertama,: ajaran stokisme yang terdapat dalam buku filosofi teras Karya Henry manampiring yaitu: Hidup selaras dengan Alam, Dikotomi kendali, trikotomi kendali, Preferred dan Unpreffered Indifferent, dikotomi kendali bukan berpasrah pada nasib, momento mori dan amor fati. Kedua Nilai-Nilai Pendidikan akhlak dalam Islam seperti Akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap manusia,akhlak terhadap alam atu lingkungan. Ketiga, Relevansi ajaran stoikisme dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring dengan nilai pendidikan akhlak dalam Islam yaitu: Hidup selaras dengan Alam relevan dengan akhlak terhadap Lingkungan/ alam, Dikotomi kendali relevan dengan sabar, trikotomi kendali relevan dengan tawakal, Preferred dan Unpreffered Indifferent relevan dengan akhlak terhadap manusia, dan amor fati relevan dengan syukur, sedangkan dikotomi kendali bukan berpasrah pada nasib, momento mori kurang relevan dengan nilai-nilai Pendidikan akhlak melainkan ajaran tersebut relevan dengan ajaran tasawuf dalam islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai; Pendidikan akhlak; Buku; Filofi Teras;
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Al Farizi Erlangga
Date Deposited: 23 Jan 2024 05:01
Last Modified: 23 Jan 2024 05:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84329

Actions (login required)

View Item View Item