Penggunaan media permainan kartu Truth or Dare dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan berbicara : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas V di MI Al-Huda Rancaekek

Nurkomalasari, Rista (2023) Penggunaan media permainan kartu Truth or Dare dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan berbicara : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas V di MI Al-Huda Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover RISTA wtm.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Rista- ABSTRAK-1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi wtm.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1 wtm.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 wtm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 wtm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 wtm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 wtm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka wtm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengajaran bahasa Arab mempunyai permasalahan yang berbeda-beda. Salah satu permasalahan yang paling penting adalah materi bahasa Arab merupakan bahasa asing yang tidak mudah dipelajari, sehingga siswa kurang aktif dan merasa bosan dalam mengikuti pendidikan bahasa Arab. Perbedaan latar belakang belajar masing-masing siswa, dikarenakan tidak semua siswa lulusan SD Islam Terpadu yang mempelajari bahasa Arab, apalagi pada pemahaman kosa kata belum maksimal, dan menyebabkan kemampuan berbahasa setiap siswa menjadi kurang maksimal. berbeda. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi kemampuan berbahasa Arab siswa khususnya keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan permainan kartu (truth or dare), dan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa penggunaan permainan kartu (truth or dare) dalam pengajaran bahasa Arab meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penulis menyajikan hipotesis yang telah ditetapkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode permainan kartu (truth or dare). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu satu kelompok dengan pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, pre-test, dan post-test. Data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang dianalisis secara logis dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik dari 15 siswa. Di antara hasil yang diperoleh adalah (1) bahwa keterampilan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Arab menunjukkan nilai yang cukup pada pre-test karena nilai rata-ratanya berada di antara 70-80, artinya 77,1. (2) Hal ini menunjukkan nilai post-test yang baik karena nilai rata-ratanya berada di antara 80 – 90, artinya 83,43. (3) Dan bahwa penggunaan metode permainan kartu (truth or dare) dalam pengajaran bahasa Arab meningkatkan keterampilan berbicara siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata “N-D” sebesar 0,50 atau 50% pada kelas sedang, dan hal ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa tergolong sedang karena berada di antara 0,30-0,70

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media permainan; keterampilan siswa; pembelajaran bahasa arab;
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurkomalasari Rista
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:41
Last Modified: 23 Jan 2024 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84345

Actions (login required)

View Item View Item