Pengaruh media pembelajaran Edugame berbasis Educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak

Fauziah, Tiara Nur (2023) Pengaruh media pembelajaran Edugame berbasis Educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurang termotivasinya siswa dalam masalah belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran edugame berbasis educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak. Jenis Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Subyek penlitian berjumlah sebanyak 47 siswa di salah satu SMP Kota Bandung.Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, soal hasil belajar dan angket. Hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran edugame berbasis educandy diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, kelas yang tanpa siswa menggunakan media pembelajaran edugame berbasis educandy diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Hasil belajar pada ranah afektif rata-rata diperoleh nilai sebesar 86 dengan kategori baik dikelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 85. Hasil belajar pada ranah psikomotorik rata-rata diperoleh nilai sebesar 82 di kelas eksperimen dan 80 di kelas kontrol. Analisis uji-t dari hasil tersebut diperoleh nilai signifikan 0,000< 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Terdapat pengaruh media pembelajaran edugame berbasis educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Edugame berbasis educandy; hasil belajar; sistem gerak.
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Tiara Nur Fauziah
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:27
Last Modified: 26 Jan 2024 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84437

Actions (login required)

View Item View Item