Representasi komunikasi pasangan Muslim dalam pernikahan : Analisis semiotika Roland Barthes pada Wedding Agreement The Series

Jakiah, Desti (2023) Representasi komunikasi pasangan Muslim dalam pernikahan : Analisis semiotika Roland Barthes pada Wedding Agreement The Series. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan merupakan sebuah komitmen yang kokoh dan suci yang diharapkan akan tetap abadi sampai maut memisahkan. Namun pada kenyataannya, perceraian di tengah perjalanan rumah tangga jumlahnya semakin meningkat dengan penyebab yang semakin beragam. Minimnya kesadaran terhadap makna dan tujuan pernikahan serta rendahnya komitmen antarpasangan menjadi salah satu faktor penyebab perceraian. Faktor lainnya yaitu ketidakharmonisan dalam rumah tangga, yakni banyak terjadi perselisihan dan pertengkaram antar suami istri karena kurangnya komunikasi diantara keduanya. Oleh karena itu, penting bagi pasangan suami istri untuk saling memahami satu sama lain agar terhindar dari perceraian. Dewasa ini, banyak film-film yang menyuguhkan ilmu mengenai komunikasi antarpasangan dalam pernikahan salah satunya film “Wedding Agreemenet The Series”. Berdasarkan konteks di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan sejauh mana makna denotasi, sejauh mana makna konotasi, dan sejauh mana makna mitos yang terdapat dalam film”Wedding Agreement The Series” yang berfokus pada episode tiga dan episode empat. Dan merepresentasikan komunikasi antarpasangan muslim dalam pernikahan yang ada pada scene-scene dalam series ini serta diperkuat dengan nilai nilai ajaran islam seperti dalam hadist dan ayat Al-Quran pada setiap scene-nya. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Terdapat beberapa kajian yang ada dalam semiotika Roland Barthes yaitu, denotasi, konotasi dan mitos dan kemudian di representasikan. Dalam hal ini tanda ditemukan dalam adegan dan dialog. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan cara studi pustaka observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan ada sepuluh scene yang menggambarkan makna denotasi, konotasi dan mitos dan merepresentasikan komunikasi pasangan muslim dalam pernikahan pada episode tiga dan episode empat “Wedding Agreement The Series”. Denotasi menjelaskan bagaimana sikap, ekspresi, dan dialog atau komunikasi antara Bian dan Tari sebagai pasangan suami istri yang digambarkan dalam setiap scene. Konotasi tentang bagaimana Bian dan Tari yang menunjukkan komunikasi yang baik sebagai sepasangan suami istri guna mencapai pernikahan yang Sakinah, Mawaddah, Warrahmah. Makna mitos menjelaskan mengenai interaksi dalam pernikahan dari sudut pandang yang dipahami oleh khalayak umum dan menjabarkan makna mitos kedalam scene yang dimaksud. Kemudian merepresentasikan komunikasi pasangan muslim dalam pernikahan serta diperkuat dengan hadist dan ayat Al-Quran pada setiap scene.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan; Semiotika; Komunikasi Pasangan.
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Desti Jakiah
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:50
Last Modified: 26 Jan 2024 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84443

Actions (login required)

View Item View Item