Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham perusahaan industri barang konsumsi terdaftar di ISSI : Studi kasus PT Pyridam Farma tbk periode 2012-2022

Putra, Moch Raksa Prayoga (2023) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham perusahaan industri barang konsumsi terdaftar di ISSI : Studi kasus PT Pyridam Farma tbk periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap harga saham, untuk mengetahui pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap harga saham, serta untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, kepustakaan, dan browsing. Dokumen-dokumen dalam penelitian ini diakses dari PT Pyridam Firma yang terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) melalui website resmi issi atau Indonesia Stock Exchange (IDX). Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil pengolahan data didapatkan perolehan hasil persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 2511,311 – 512,254X1 + 198,344X2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Return On Assets (ROA) memiliki pengaruh negatif yang dibuktikan dengan hasil pengujian uji t sebesar -5,062. Berikutnya Return On Equity (ROE) memiliki pengaruh positif yang dibuktikan dengan hasil pengujian uji t sebesar 3,319. Lalu pengujian terakhir yaitu pengaruh ROA dan ROE secara simultan memiliki pengaruh yang positif yang dibuktikan melalui pengujian uji f dengan cara membandingkan fhitung sebesar 23,675. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Return On Assets (ROA) berpengaruh negatif terhadap harga saham, Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh secara simultan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA) ; Return On Equity (ROE)
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Business
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Moch Raksa Prayoga Putra
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:06
Last Modified: 26 Jan 2024 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84461

Actions (login required)

View Item View Item