Pengembangan E-Module berbasis Google Sites berbantu kartun untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas bahan

Azzahra, Maulani (2023) Pengembangan E-Module berbasis Google Sites berbantu kartun untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas bahan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

E-module atau modul elektronik merupakan materi pembelajaran digital yang dibuat untuk membantu peserta didik mencapai kecakapan tertentu, dalam hal ini peserta didik mencapai kecakapan motivasi dan hasil belajar kognitif yang baik. Penelitian pengembangan e-moduel berbasis Google Sites berbantu kartun ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan e-module; 2) keterlaksanaan pembelajaran; 3) peningkatan motivasi belajar; 4) peningkatan hasil belajar kognitif melalui pemanfaatan e-module ini. Penelitian dilaksanakan dengan memanfaatkan pendekatan R&D (Research and Development) dengan menerapkan model ADDIE. Sampel penelitian terdiri dari 33 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh 1) kelayakan e-module berbasis Google Sites berbantu kartun dengan persentase sebesar 81,5%, dengan kategori sangat layak; 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-module berbasis Google Sites berbantu kartun dengan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik 3) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,45 dengan kategori sedang; 4) peningkatan hasil belajar sebesar 0,84 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis Google Sites berbantu kartun dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-module; google sites; kartun; motivasi belajar; hasil belajar.
Subjects: Physics > Instrumentation of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulani Azzahra
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:41
Last Modified: 30 Jan 2024 00:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84485

Actions (login required)

View Item View Item