Pengaruh komunikasi visual dalam dakwah Ustadz Adi Hidayat terhadap pemahaman keagamaan masyarakat : Studi eksplanasi pada masyarakat Desa Sindanglaya Bandung

Ruswandi, Hendri (2023) Pengaruh komunikasi visual dalam dakwah Ustadz Adi Hidayat terhadap pemahaman keagamaan masyarakat : Studi eksplanasi pada masyarakat Desa Sindanglaya Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.docx.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

Ustadz Adi Hidayat atau yang dikenal dengan UAH merupakan sosok pendakwah terkenal yang ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia melalui ceramahnya yang ada di Youtube. Salah satu video populer yang diunggah oleh UAH official di platform Youtube ini diambil dengan tema Orang-Orang yang Di kabul kan Do'a nya. Video ini banyak sekali yang menonton, termasuk masyarakat Desa Sindanglaya. Dalam dakwahnya UAH memiliki gaya komunikasi visual yang mengandung pesan dakwah untuk memberikan pemahaman keagamaan pada para penontonnya. Namun, unsur-unsur komunikasi visual seperti tidak memberikan pengaruh terhadap pemahaman keagamaan masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk mengetahui dan menjelaskan besaran pengaruh komunikasi visual (tipografi, simbolisme, ilustrasi dan layout) dalam dakwah UAH terhadap pemahaman keagamaan penonton Youtube pada video yang berjudul “orang-orang yang dikabulkan do’anya”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hipotesis mayor diduga Komunikasi visual dalam dakwah UAH berpengaruh signifikan terhadap pemahaman keagamaan masyarakat. Lalu, hipotesis minor diduga Tipografi (X1), Simbolisme (X2), Ilustrasi (X3), dan Layout (X4) berpengaruh signifikan terhadap pemahaman keagamaan masyarakat (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengetahui adanya pengaruh antar variabel. Penelitian ini juga berdesain cross sectional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi Adapun sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Sindanglaya sebanyak 83 orang. Bahwa penelitian ini mendukung teori uses and gratification. Karena dalam teori ini dapat mengukur tingkat penggunaan media Youtube yang dilihat dari segi angka kepuasan penggunaan media untuk menikmati dakwah UAH yang diperoleh dari sajian visual yang ada di Youtube. Adapun unsur komunikasi visual ini terdiri dari empat unsur yakni tipografi, simbolis, ilustrasi dan layout yang dalam penelitian ini dijadikan variabel untuk diuji. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan dari komunikasi visual terhadap pemahaman keagamaan masyarakat Desa Sindanglaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual; Pemahaman Keagamaan; Dakwah; Youtube
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: hendri ruswandi
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:12
Last Modified: 31 Jan 2024 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84526

Actions (login required)

View Item View Item