Peran media sosial Instagram akun Muslim.or.id dalam penyebaran dakwah

Al-Farizi, Muhammad Andrean (2023) Peran media sosial Instagram akun Muslim.or.id dalam penyebaran dakwah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Instagram Muslim.or.id didirikan di Yogyakarta dibawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. YPI Al-atsari merupakan sebuah lembaga dakwah yang berpusat di Yogyakarta. Perkembangan situs dakwah instagram muslim.or.id ini dimotori oleh Amrullah Akadhinta, Satria Buana,ibnu Mundzir dan rekan-rekan yang lain. Tanggapan atas media dakwah di dunia maya ini pun cukup menggembirakan dengan munculnya berbagai tulisan dan nasehat yang bisa dimuat di dalamnya serta dapat diakses oleh setiap pengguna internet dimanapun berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial instagram akun muslim.or.id dalam penyebaran dakwah, untuk mengetahui pengemasan pesan dakwah pada Instagram muslim.or.id. dan untuk mengetahui pandangan pengikut instagram muslim.or.id sebagai media sosial penyebaran dakwah. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Berlo S-M-C-R (Berlo, 1960) mengambil pendekatan yang berbeda untuk mengkonstruksi model. Model teori ini mengindentifikasi faktor-faktor yang mengontrol atas empat elemen komunikasi yaitu: Source/sumber, Message/pesan, Channel/media serta Reciver/Penerima. Model ini menjanjikan pertolongan dalam mengidentifikasi faktor-faktor khusus yang digunakan pada eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan peran media sosial instagram akun Muslim.or.id dalam penyebaran dakwah, paradigma yang digunakan yaitu kontruktivisme, serta Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh melalui analisis dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa peran media sosial Instagram akun muslim.or.id dalam penyebaran dakwahnya adalah sebagai berikut: 1) Peran media Instagram akun muslim.or.id dalam upaya dakwah yang dilakukan bisa diterima oleh semua orang dan semua umur melalui fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi instagram, 2) Pengemasan konten dakwah Instagram muslim.or.id konten nya dapat tersampaikan dengan luas dengan mengangkat tema-tema yang jarang dibahas dalam kajian Islam atau ceramah pada umumnya, 3) Pandangan pengikut Instagram muslim.or.id sebagai media sosial penyebaran dakwah yang meliputi beberapa poin berikut: Edukatif Dalam Berdakwah, Inspiratif dan Memotivasi Dalam Berdakwah,Visualisasi yang tepat dalam menyampaikan dakwahnya, Dialogis dan Interaktif Dalam Berdakwah, Kreatif dan menghibur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Muslim.or.id; Instagram; Dakwah
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Andrean Al Farizi
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:39
Last Modified: 02 Feb 2024 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84606

Actions (login required)

View Item View Item