Penerapan model kooperatif Learning untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Bojongsoan kelas X

Pratama, Sandi (2023) Penerapan model kooperatif Learning untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Bojongsoan kelas X. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (2).pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1 (1).pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini yaitu untuk memecahkan suatu masalah kemampuan interkasi sosial siswa di lapangan pada pembelajaran sosiologi dalam penerapannya dilapangan. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X di SMAN 1 Bojongsoang. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu satu untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning dan satu untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Proses penelitian dilakukan dengan melakukan instrument obeservasi dan test. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interkasi sosial siswa pada pembelajaran sosiologi dalam penerapannya dilapangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik Menurut George Herbert Mead, George Herbert Mead berpendapat bahwa kominikasi manusia berlangsung melalui pertukaran simbol serta pemaknaan dari simbol-simbol yang digunakan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dan sifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji beda. Peneliti menggunakan desain penelitian Non-equivalvent Control Group Design memakai pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji sample t-test, dan uji n-gain, dimana hasil uji tersebut valid, reabel, normal, homogen, terdapat perbedaan pada uji sample t-test dan terdapat peningkatan pada uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning terdapat peningkatan kemampuan motorik dilihat selama pertemuan ke-1 dengan hasil 53%, pertemuan ke-2 80% sampai ke-3 mencapai 100%. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran drill dibandingkan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran drill serta terdapat peningkatan kemampuan motorik peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran drill dengan hasil termasuk kategori “Cukup Efektif” dilihat dari Uji N-Gain Score menunjukan nilai 58,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Sosial; Model Kooperatif Learning; Sosiologi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Pratama Sandi
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:34
Last Modified: 02 Feb 2024 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84630

Actions (login required)

View Item View Item