Pratama, Sandi (2023) Penerapan model kooperatif Learning untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Bojongsoan kelas X. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (2).pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1 (1).pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini yaitu untuk memecahkan suatu masalah kemampuan interkasi sosial siswa di lapangan pada pembelajaran sosiologi dalam penerapannya dilapangan. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X di SMAN 1 Bojongsoang. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu satu untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning dan satu untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Proses penelitian dilakukan dengan melakukan instrument obeservasi dan test. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interkasi sosial siswa pada pembelajaran sosiologi dalam penerapannya dilapangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik Menurut George Herbert Mead, George Herbert Mead berpendapat bahwa kominikasi manusia berlangsung melalui pertukaran simbol serta pemaknaan dari simbol-simbol yang digunakan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dan sifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji beda. Peneliti menggunakan desain penelitian Non-equivalvent Control Group Design memakai pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji sample t-test, dan uji n-gain, dimana hasil uji tersebut valid, reabel, normal, homogen, terdapat perbedaan pada uji sample t-test dan terdapat peningkatan pada uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning terdapat peningkatan kemampuan motorik dilihat selama pertemuan ke-1 dengan hasil 53%, pertemuan ke-2 80% sampai ke-3 mencapai 100%. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran drill dibandingkan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran drill serta terdapat peningkatan kemampuan motorik peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran drill dengan hasil termasuk kategori “Cukup Efektif” dilihat dari Uji N-Gain Score menunjukan nilai 58,5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Interaksi Sosial; Model Kooperatif Learning; Sosiologi |
Subjects: | Sociology and Anthropology, Society Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Pratama Sandi |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 06:34 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84630 |
Actions (login required)
View Item |