Penggunaan model pembelajaran Generative Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan analisis Miskonsepsi pada materi gerak melingkar

Farkha, Farida (2023) Penggunaan model pembelajaran Generative Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan analisis Miskonsepsi pada materi gerak melingkar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_babiii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih tingginya level miskonsepsi peserta didik sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep. Salah satu jalan untuk mengurangi level miskonsepsi dan meningkatkan pemahamn konsep yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Generative Learning terhadap pemahaman peserta didik juga untuk mengetahui keterlaksanaan model Generative Learning. Peneliti menggunakan metode pre-eksprimental design, dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa ada kelompok pembanding dengan desain (one group pretest-posttest). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA PGRI Cibatu Garut dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Generative Learning baik dengan presentase aktivitas guru sebesar 79% berada pada kategori baik, dan aktivitas peserta didik sebesar 74% dengan penurunan level miskonsepsi sebesar 32%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesisi dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 22,16 dan tiabel 2,04 dengan taraf signifikan yaitu 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada peserta didik materi gerak melingkar dengan nilai N-gain 0,68 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Generative Learning; Miskonsepsi; Pemahaman Konsep; Gerak Melingkar.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Applied Physics > Water Mills, Waterwheels
Applied Physics > Gears
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farida Farkha
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:20
Last Modified: 26 Feb 2024 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84666

Actions (login required)

View Item View Item