Farkha, Farida (2023) Penggunaan model pembelajaran Generative Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan analisis Miskonsepsi pada materi gerak melingkar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_babii.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_babiii.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_babiv.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_babv.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih tingginya level miskonsepsi peserta didik sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep. Salah satu jalan untuk mengurangi level miskonsepsi dan meningkatkan pemahamn konsep yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Generative Learning terhadap pemahaman peserta didik juga untuk mengetahui keterlaksanaan model Generative Learning. Peneliti menggunakan metode pre-eksprimental design, dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa ada kelompok pembanding dengan desain (one group pretest-posttest). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA PGRI Cibatu Garut dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Generative Learning baik dengan presentase aktivitas guru sebesar 79% berada pada kategori baik, dan aktivitas peserta didik sebesar 74% dengan penurunan level miskonsepsi sebesar 32%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesisi dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 22,16 dan tiabel 2,04 dengan taraf signifikan yaitu 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada peserta didik materi gerak melingkar dengan nilai N-gain 0,68 pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generative Learning; Miskonsepsi; Pemahaman Konsep; Gerak Melingkar. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Applied Physics > Water Mills, Waterwheels Applied Physics > Gears |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Farida Farkha |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 01:20 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 01:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84666 |
Actions (login required)
View Item |