Implementasi metode Fathurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Qur’an Tingkat SD Kab. Bandung Barat

Turwanto, Teguh (2023) Implementasi metode Fathurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Qur’an Tingkat SD Kab. Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
JILID.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, yang sudah tidak ada keraguan didalamnya. Maka seyogyanya al-Qur’an harus sejak dini diajarkan pada anak-anak melalui lembaga pendidikan atau keluarga sehingga mampu membaca dan menulis Al_Qur’an. Namun dalam proses pembelajaran Al-Qur’an dilembaga formal maupun nonformal seiring berjalanya waktu pasti menemui banyak problematika sehingga memerlukan suatu metode untuk mengatasinya. Metode Fathurrahman adalah salah satu metode yang diterapkan di Pesantren Tahfizh Darul Qur’an Tingkat SD untuk mengatasinya. Metode Fathurrahman merupakan suatu upaya pembelajaran Al-Qur’an dengan cara tertentu yakni mengeja bacaan al-Qur’an dengan hukum tajwid bertujuan untuk mencapai sesuatu yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis tujuan metode Fathurrahman dalam pembelajaran Al-Qur’an. (2) menganalisis implementasi metode Fathurrahman di Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Qur’an tingkat SD. (3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat pada metode Fathurrahman. (4) menganalisis evaluasi metode Fathurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran di Pondok Pesantran Tahfizh Mutiara Darul Quran tingkat SD. (5) menganalisis hasil dari implementasi metode Fathurrahman di Pondok Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Qur’an tingkat SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method Qulitatif squary, yang dimana penelitian ini menggunakan data Kualitatif sebagai data primer dan data kuantitatif sebagai data pelengkap. Di dalam metode ini menggunakan tahapan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai tahapan metode kualitatif dan dilengkapi dengan angket sebagai proses pengambilan data kuantitatif untuk mengetahui kebenaran hasil penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tujuan metode Fathurrahman dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. (2) Implementasi Metode Fathurrrahman meliputi tahajji (pengejaan), pengetahuan kaidah tajwid, dan menulis hijaiyyyah sesuai tahapan. Dan mendapat tanggapan yang baik dari para santri karena mudah dan menyenangkan. (3) Faktor pendukung pada metode Fathurrahman di SD Mutiara Darul Qur’an antara lain: antusias dan semangat anak-anak dalam mengikuti pembelajaran, kualitas pengajaran guru yang baik, dan sinergi dengan orangtua. Adapapun faktor penghambatnya antara lain: belum adanya manajemen yang bagus dan rapi dalam implementasi metode Fathurrahman dan beberapa kesulitan dalam pengajaran tahajji. (4) Evaluasi metode Fathurrahman dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an diantaranya: diberlakukannya tes dan ujian rutin. (5) Hasil dari implementasi metode fathurrahman yaitu: kualitas bacaan Al-Qur’an yang lebih baik, kualitas pengetahuan tajwid yang baik, durasi kemampuan dalam membaca Al-Qur’an lebih cepat dari sebelumnya yaitu setahun dan kualitas menulis Al-Qur’an yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; metode Fathurrahman; membaca dan menulis Al-Quran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: teguh turwanto
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:48
Last Modified: 06 Feb 2024 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84696

Actions (login required)

View Item View Item