Identifikasi kandungan babi pada lip cream menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)

Anwariah, Lina Nurlatifah (2023) Identifikasi kandungan babi pada lip cream menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Produk lip cream yang tidak berlogo halal serta tidak memiliki nomor sertifikat halal banyak dijual di E-commrce dan sering digunakan oleh masyarakat. Perkembangan teknologi pada dunia kecantikan mampu menghasilkan berbagai macam produk lip cream menggunakan bahan-bahan beragam, terdapat bahan tambahan pada lip cream yang tidak jelas kehalalannya seperti gliserin dan gelatin. Gliserin dan gelatin yang berasal dari hewan biasanya didapatkan dari hewan sapi atau babi. Dalam islam, babi merupakan perkara yang haram untuk dikonsumsi. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kandungan babi pada lip cream yang terdistribusi di perdagangan elektronik menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction). Pemilihan sampel lip cream berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis yang dilakukan meliputi isolasi DNA dengan DNeasy Mericon Food Kit dengan daging babi sebagai kontrol positif dan daging sapi sebagai kontrol negatif, kuantifikasi DNA untuk menentukan konsentrasi dan kemurnian DNA genom isolat dengan spektrofotometer nanodrop, kemudian amplifikasi DNA dengan PCR menggunakan primer gen pengkode cytochrome b (cyt b) babi. Proses PCR dilakukan dengan menggunakan suhu annealing hasil optimasi yaitu 60 °C. Konsentrasi DNA sampel yang diperoleh berkisar antara 0,9-13,8 ng/µl dengan kemurnian 1,2-3. Amplifikasi kontrol positif dan negatif serta sampel menghasilkan produk PCR dengan ukuran 131 bp yang dapat divisualisasi menggunakan ektroforesis gel agarosa 2%. Dari hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa ketiga sampel lip cream yang diuji tidak mengandung DNA babi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cytochrome b babi; Deoxyribonucleic acid (DNA); Lip cream; elektroforesis gel; PCR (polymerase chain reaction).
Subjects: Chemistry and Allied Science
Biochemistry
Biochemistry > Biochemical Genetics
Biochemistry > DNA, Deoxyribonucleic Acid
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Lina Nurlatifah Anwariah
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:45
Last Modified: 06 Feb 2024 08:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84723

Actions (login required)

View Item View Item